Seafood Sebelum Ramadhan? Masak Udang Asam Manis Aja

Tandaseru – Seperti yang telah diketahui bersama, Ramadhan sudah di depan mata. Menjelang hari itu, kenapa tidak coba seafood yang menyegarkan seperti resep udang asam manis ini!

Memang sajian udang sudah bukan hal yang baru dalam kuliner berbahan dasar seafood, bahkan udang jadi menu terfavorit selain ikan dan cumi.

Mengolah udang juga tidak terlalu sulit, karena pasti akan nikmat dijadikan menu masakan apapun, termasuk saat udang disajikan dengan bumbu asam manis yang menyegarkan.

Bahan untuk resep udang asam manis!

Tentu hal yang pertama disiapkan adalah 500 gr udang yang telah dikupas, 1 buah bawang Bombay yang sudah diiris tipis dan 1 buah paprika hijau serta merah yang dipotong tipis memanjang.

Siapkan juga 2 siung bawang putih yang sudah dimemarkan dan dicincang, 1 sdm margarin, 2 sdm saus tiram, 2 sdm saus cabai, 2 sdm saus tomat dan 1 sdt jahe parut.

Ilustrasi

Bagaimana cara mengolahnya?

Cara mengolah menu udang asam manis satu ini cukup simpel dan bisa sangat cepat dikerjakan. Pertama, tumis terlebih dahulu bawang bombay sampai agak layu, baru masukkan bawang putih dan tumis lagi sampai harum.

Setelah itu baru tambahkan paprika beserta jahe, kembali tumis semua bahan asam manis hingga matang merata. Jika sudah, barulah masukkan udang, tumis lagi sampai udangnya berubah warna.

Selanjutnya, masukkan seluruh bumbu udang asam manis yang sebelumnya sudah disediakan, lalu masak sampai semua benar-benar tercampur rata dan masak sampai rasanya sedap. Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya.

Jika sudah selesai, bisa langsung diangkat dan disajikan. Menyantap udang asam manis ini paling nikmat dengan ditemani nasi hangat sebagai menu makan siang, tapi jika Anda ingin menjadikannya menu makanan berbuka juga bisa.

Nah, mudah bukan resep udang asam manis di atas? Jika ada persediaan udang di rumah tidak perlu bingung lagi akan dimasak apa ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait