Restorasi Katedral Notre-Dame Pakai Data Game Assasin’s Creed Unity

Tandaseru – Peristiwa terbakarnya Katedral Notre-Dame di Paris, Prancis pada Senin (15/4) lalu menyita perhatian dunia. Game Assasin’s Creed mungkin bisa turut membantu merestorasi bangunan tersebut. Gimana caranya?

Melansir dari Business Insider, Rabu (17/4) menyatakan game Assasin’s Creed Unity yang dirilis oleh Ubisoft pada tahun 2014 mengambil latar belakang Revolusi Industri Prancis pada tahun 1789, termasuk bangunan katedral Notre-Dame.

Dibutuhkan waktu dua tahun untuk menggarap game ini, sebab Level Artist Ubisoft, Caroline Miousse dan timnya benar-benar meriset terlebih dahulu untuk menciptakan bangunan katedral yang semirip mungkin dengan aslinya.

“Saya membuat banyak hal dalam game ini, tapi 80 persen waktu saya dihabiskan untuk menggambar katedral Notre-Dame dengan detail,” ujar Caroline Miousse, pada tahun 2014 lalu.

Bangunan sejarah di Paris ini memang sudah kokoh berdiri lama, terbukti sejarah mencatat bahwa bangunan katedral Notre-Dame yang megah ini telah dibangun pada abad ke-12.

Dok/Foto: Gamebrott.com

Otoritas setempat menyatakan bahwa sebagian besar atap katedral bersejarah itu hancur akibat kebakaran yang berkobar selama 15 jam.

Menaranya yang runcing setinggi 96 meter ambruk dan struktur kayu sepanjang lebih dari 100 meter yang berusia ratusan tahun di bagian loteng katedral juga hangus terbakar.

Assasin’s Creed memang dikenal dengan seri game yang memamerkan sudut-sudut bangunan bersejarah yang sangat mirip dengan aslinya.

Hingga kini Ubisoft juga belum memberikan pernyataan resmi apakah pihaknya mau menyerahkan informasi digital yang mereka miliki terkait katedral Notre-Dame ke pemerintah Prancis untuk upaya restorasi.

Perlu diketahui, presiden Prancis, Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali katedral Notre-Dame menjadi lebih baik seperti semula dalam waktu lima tahun.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait