Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Moderator Debat Keempat Capres/Cawapres

Tandaseru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 dan disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengumumkan dua moderator pada debat ke-4 capres/cawapres.

Dua moderator tersebut yakni Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi sebagai yang terpilih. Kedua moderator sebelumnya telah melalui proses diskusi dan kesepakatan antara TKN 01 dan BPN 02, juga telah diberikan ruang yang sama untuk menyampaikan nama-nama calon moderatornya kepada KPU.

“Berdasarkan paraturan perundangan moderator disepakati TKN 01 dan BPN 02,” ujar Anggota KPU RI Wahyu Setiawan saat memimpin Konfrensi Pers di Media Center KPU RI, Jakarta.

Sebelumnya Wahyu juga mengumumkan nama TV penyelenggara untuk Debat Keempat yakni Grup Emtek serta Metro TV. Disampaikan juga kepada masyarakat nama pembawa acara (host) untuk proses pengundian Debat Keempat yakni Wanda Dwi Utari dengan Rori Ansyari, nama host konfrensi pers Aviliani Malik dengan Reza Ramadhansyah serta host Off Air dan Wall of Fame Prisca Niken dengan Wahyu Wiwoho.

Direktur Program TKN 01, Aria Bima menerangkan nama moderator yang terpilih merupakan nama-nama yang sudah disampaikan pada rapat sebelumnya. Adapun pertimbangan yang diambil antara lain profesionalitas, kompetensi dan hasil permufakatan dengan BPN 02.

“Sehingga moderator tidak menjadi barrier (pembatas) atau ketidaknyamanan kandidat, Retno serta Zulfikar kita anggap tepat,” ujar Aria.

Direktur Relawan BPN 02, Ferry Mursyidan Baldan menganggap kedua nama memiliki kemampuan untuk mengawal proses debat. Retno maupun Zulfikar juga dianggap sosok yang tepat dan mampu menjawab kekurangan dari moderator di debat-debat sebelumnya.

“Karena setiap kami debat selalu ada evaluasi dengan KPU, tv penyelenggara. Kita ambil pelajaran dari situ,” tutur Ferry.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id