RI Kirim Menko Maritim Selesaikan Pembayaran Proyek MRT

TOKYO (!) – Selain mendorong kerja sama, kehadiran Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Jepang juga untuk menyelesaikan keterlambatan pembayaran pada proyek MRT Jakarta.

Menurut Luhut, dirinya telah melakukan pengecekan melalui Kepala BPKP yang ternyata sedang dalam pemeriksaan karena ada mekanisme yang kurang pas dan sedang diperbaiki.

“Tadi sudah diselesaikan, itu sudah beres, sudah kita sampaikan ke Jepang dan mereka sangat senang,” kata Menko Luhut, di Tokyo baru-baru ini.

Sebagai solusi, Menko Luhut menginisiasi The Jakarta-Japan Club sebagai mekanisme penyelesaian keterlambatan pembayaran tersebut.

Melalui forum tersebut nantinya akan diadakan pertemuan berkala antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan-perusahaan Jepang di kantor Kemenko Maritim, Jakarta.

“Dan saya janji kepada PM Abe sekali dalam dua atau tiga bulan, Jakarta Japan Club akan bertemu dengan kita (pemeritah Indonesia-red) untuk menyampaikan keluhan-keluhan mereka,” kata dia.

Menurut Luhut, solusi seperti itu belum pernah dilakukan di Indonesia, karenanya dia percaya hal itu akan membuat hubungan kedua negara semakin terintegrasi dan holistik dalam penyelesaian masalah.

“Mereka (Jepang) nggak tahu bahwa ada Tim Pokja 4 yang menangani hal-hal seperti ini, maka kita kenalin sehingga dengan demikian makin cepat diselesaikan masalah itu kan makin baik,” paparnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait