Ribet Nggak Ya Tradisi Pernikahan Kerajaan Inggris?

INGGRIS (!) – Tradisi pernikahan kerajaan Inggris yang mungkin tidak banyak orang tahu akan dilaksanakan juga pada pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tahun depan. Ribet nggak ya tradisinya?

Menyusul Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Harry akhirnya bertunangan dengan aktris cantik Meghan Markle dan dikabarkan akan melangsungkan pernikahan tahun depan.

Ternyata ada beberapa peraturan dalam pernikahan Kerajaan Inggris yang harus diikuti meskipun Meghan Markle bukanlah dari golongan bangsawan seperti halnya Kate dengan Pangeran William.

Apakah beberapa tradisi pernikahan Inggris ini terbilang ribet, atau justru mudah diikuti?

Tidak pakai cincin pernikahan

Tidak seperti pasangan biasannya yang telah menikah, Pangeran Harry nantinya tidak akan menggunakan cincin pernikahan usai menikah dengan Meghan.

Hal tersebut ternyata juga dilakukan oleh Pangeran Philip serta Pangeran William saat menikah dulu.

Hal tersebut dilakukan terkait dengan kebiasaan aristokrat atau orang-orang terpandang dan bangsawan di sana.

Tetapi, pengecualian untuk Pangeran Charles. Dia saat itu tetap mengenakan cincin pernikahannya ketika menikah dengan Putri Diana di jari kelingking bahkan hingga sang putri telah meninggal.

Pangeran Charles tidak memakai cincinnya pada awal 2005. Lalu, kembali mengenakan cincin pernikahan setelah menikahi dengan Duchess of Cornwall pada bulan April tahun 2005 lalu.

Pemberian nama baru

Seperti halnya Pangeran William, ketika telah menikah nanti Pangeran Harry kemungkinan besar akan diberikan gelar baru yaitu Duke of Sussex oleh sang ratu Inggris. Sementara istrinya, Meghan Markle juga akan berganti julukkan menjadi Duchess of Sussex.

Seragam militer

Sudah menjadi tradisi bagi para pengantin pria kerajaan bahwa sebagai seorang pangeran, Harry harus menggunakan seragam militer saat menikah.

Seperti yang dikenakan oleh Pangeran William yang memilih seragam militer asal Irlandia dengan warna merah ketika menikah dengan istrinya saat ini Kate Middleton di tahun 2011 lalu. Namun belum diketahui akan mengenakan pakaian militer berwarna apa Pangeran Harry di hari pernikahannya nanti.

Pesta khusus bujang

Kalau tradisi yang satu ini unik dan dirahasiakan oleh kalangan kerajaan. Padahal semua pengantin pria modern telah melakukan hal ini secara terbuka dan wajar dilakukan di sana.

Tetapi rupanya kalangan bangsawan ingin menjadikan tradisi ini sebagai informasi rahasia saja, karena dikabarkan sebelumnya Pangeran William pernah merayakan pesta bujang di perkebunan milik temannya yang berada di luar London.

Sedangkan, Pangeran Charles juga dikabarkan melakukan hal yang sama dan menyelenggarakannya sebelum menikah dengan Diana.

Penobatan pendamping mempelai pria terbaik

Umumnya memang mempelai pria tidak secara khusus memilih pendamping pria terbaiknya, begitu pula dalam pernikahan kerajaan yang secara tradisional memilih pendukung atau pendamping yang bukan dari kalangan bangsawan juga.

Pada tahun 2011 lalu, Pangeran William melanggar tradisi tersebut dengan menjadikan Pangeran Harry sebagai pendamping mempelai pria terbaik. Maka, kemungkinan besar Harry akan membalas perlakuan William pada dirinya saat menikah nanti.

Rencana Tempat Duduk

Rupanya beredar kabar keluarga kerajaan akan ditempatkan duduk di sebelah kanan gereja ketika pernikahan Harry berlangsung. Selain itu Harry serta para tamunya dapat mencicipi kue tradisional pernikahan yang biasanya terdapat aneka buah-buahan.

Ketika Pangeran William menikah sekitar 6 tahun yang lalu, dirinya memilih kue favorit yang sebenarnya bukan kue tradisional pernikahan yaitu Chocolate Fridge Cake. Sayangnya, rasa kue pernikahan dari Pangeran Harry masih belum terungkap.

Berbulan madu

Tradisi bulan madu memang telah dilakukan banyak orang di dunia. Namun, Pangeran Harry kemungkinan akan beristirahat sejenak sebelum memutuskan berangkat untuk berbulan madu bersama Meghan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait