Ridwan-UU Unggul Versi Survei Indo Barometer

JAKARTA (!) Indo Barometer merilis survei elektabilitas Pilkada Jawa Barat. Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Mochamad Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) masih unggul dibandingkan tiga pasangan lainnya.

“Awareness pemilih terhadap pasangan Mochamad Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum mendapatkan suara 17,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Kamis (19/4).

Survei Pilkada Jawa Barat ini dilaksanakan Indo Barometer pada 20-26 Maret 2018.

Sementara itu, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi memperoleh 13,4 persen, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu mendapatkan hasil 3,3 persen, dan pasangan Hasanuddin-Anton Charliyan mendapatkan hasil 0,5 persen.

Pasangan lainnya mendapatkan 14.1 persen dan responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab ada 51 persen.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden dengan margin of error sebesar ± 2.83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka.

Sementara dari simulasi dengan mengunakan surat suara, tingkat keterpilihan pasangan Mochamad Ridwan Kami- Uu Ruzhanul Ulum juga masih tertinggi dengan meraih hasil 36,7 persen. Selisih 5,4 persen dengan pasangan Deddy Mizwar -Dedi Mulyadi yang memperoleh dukungan 31,3 persen.

Kemudian disusul pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang memperoleh hasil 5,4 persen, dan pasangan Hasanuddin-Anton Charliyan 3,4 persen. Sedangkan, pemilih yang tidak menandai apapun di surat suara ada 23,3 persen.

Dari survei tersebut juga diperoleh alasan utama publik memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur adalah dekat dengan rakyat sebanyak 15,6 persen, kinerjanya bagus (mampu bekerja) memperoleh 15,3 persen, berpengalaman ada 14,3 persen, ingin perubahan lebih baik ada 6,4 persen dan pasangan cocok ada 5,9 persen.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -