Kisah Jurnalis Wanita Pertama di Indonesia yang Jadi Pahlawan!

Tandaseru – Ada 6 tokoh yang diberi gelar sebagai Pahlawan Nasional, salah satunya Ruhana Kuddus yang merupakan jurnalis dan satu-satunya Pahlawan wanita tahun ini.

Presiden Joko Widodo yang telah diketahui, hari ini telah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Ruhana Kuddus, seorang jurnalis wanita pertama Indonesia asal Sumatera Barat (Sumbar).

Bukan sekedar jurnalis, Ruhana pun tercatat sebagai pejuang sekaligus pemberdaya perempuan di tanah kelahirannya, Kota Gadang.

Bersama dengan Dewi Santika, Ruhana sempat mendirikan sekolah khusus perempuan. Pengusulan Ruhana sebagai Pahlawan Nasional sebenarnya sudah dilakukan sejak 2018 lalu, namun baru diangkat pada tahun ini.

Ruhana Kuddus sebagai jurnalis yang jadi Pahlawan!

Ruhana Kuddus lahir pada 20 Desember 1884 di Kota Gadang, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agem, Sumatera Barat.

Dalam artikel “100 Tahun Pemberdayaan Perempuan” yang dimuat di Harian Kompas, 21 April 2011 Emil Salim menyebutkan, Ruhana sejak kecil sudah tumbuh di lingkungan yang berpendidikan.

Ruhana anak dari Muhammad Rasyad Maharajja Sutan seorang Hoofd Jaksa yang rumahnya dijadikan sekolah, tempat bermain, tempat membaca buku, majalah dan surat kabar.

Akibatnya, Ruhana kecil mampu berbicara dan menulis dengan menggunakan bahasa Melayu dan Belanda. Saat pergi merantau dengan sang ayah, Ruhana mulai mengenal dunia luar yang memperkenalkannya pada berbagai keterampilan dan kerajinan tangan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait