Sambal Ulek Mendunia! Cek Buku Resep Khusus Maskapai Amerika ini

Tandaseru – Indonesia memang punya beragam kuliner, selain nasi goreng, ternyata sambal ulek mendunia juga loh. Buktinya ada buku resep  Amerika yang mencantumkan kuliner itu!

Belum lama ini salah satu maskapai yang berbasis di Amerika Serikat, yaitu United Airlines telah merilis buku resep khusus dengan judul Polaris Cookbook.

Pada buku resep tersebut disertakan banyak menu-menu internasional dari berbagai belahan dunia, dan yang paling keren, kuliner Indonesia ambil bagian dalam salah satu halamannya.

Mau tahu seperti apa saat sambal ulek mendunia lewat buku?

Katanya buku adalah jendela dunia. Dengan buku, maka akan banyak orang di banyak negara saling mengenal terutama saat budaya atau kuliner dari negara tersebut tercantum di dalamnya.

Dari 40 resep yang dibuat khusus oleh executive chef United Airlines serta chef terkemuka dari Trotter Project yang ada di buku menu Polaris ada resep makanan Indonesia.

Bukan hanya nasi goreng, saat ini sambal ulek mendunia lewat buku resep tersebut. Pasalnya, tanpa disangka dari ke 40 resep tersebut terdapat makanan Indonesia yaitu ayam dengan sambal ulek dan sup santan.

Pada buku tersebut ditulis dengan judul masakan coconut soup with sambal oelek chicken. Bahkan ada salah satu media yang berbasis di New York memuji menu tersebut.

“Tampaknya buku resep seperti ini lumayan dari sebuah maskapai. Terdapat gambar yang menggoda dan resep sup kelapa dengan ayam sambal ulek terlihat luar biasa,” tulis media Jalopnik. 

Dikonsumsi penumpang kelas bisnis!

Bukan hanya sambal ulek mendunia, tapi santapan yang ada di buku resep United Airlines merupakan makanan yang disantap oleh penumpang kelas bisnis di United Airlines.

Memang ada sejumlah makanan yang sengaja dikreasikan untuk buku resep tersebut. Sebenarnya ini bukan kali pertama maskapai merilis buku resep.

Sebelum United Airlines ada Southwest Airlines yang juga merilis buku resep pada 2006 silam dan Delta yang juga merilis buku resep kelas utama pada 1987.

Pada kala itu buku resep makanan yang diterbitkan merupakan makanan yang terdapat di pesawat sungguhan, sebab santapan di pesawat pada era 1980-an masih dimasak dalam pesawat.

Buku resep Polaris Cookbook yang membuta sambal ulek mendunia, sudah dijual pada situs resminya dengan harga USD29.99 atau setara Rp420.000.

Nantinya berapa persen dari hasil penjualan buku tersebut disumbangkan untuk The Trotter Project, membantu regenerasi profesional kuliner.

Nah, jadi bagaimana menurut Anda tentang sambal ulek mendunia lewat buku resep maskapai tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait