Sang Tombak Odin, RBS-15 MK4 “Gungnir”

Tandaseru – Senin (16/7/2018) lalu, di ajang pameran dirgantara Farnborough Airshow 2018, Saab, Produsen alat pertahanan dan penerbangan asal Swedia, memperkenalkan varian terbarru rudal jelajah RBS-15, dengan kode nama RBS-15 MK4 “Gungnir.”

RBS15 Gungnir adalah rudal jelajah dengan kecepatan high subsonic dan dapat diluncurkan dari platform udara darat dan laut.

Dengan jarak tempuh mencapai lebih dari 300 km serta dilengkapi dengan target seeker yang paling mutakhir, rudal ini mampu mengejar berbagai jenis target di segala kondisi cuaca.

RBS15 Gungnir ditenagai mesin TR60-5 variable thrust turbo jet buatan Microturbo (Turbomeca). Saat pertama lepas dari peluncur, rudal akan dibantu oleh dua booster motor.

Saat keluar dari tabung peluncur, sirip rudal dalam keadaan terlipat, setelah mengudara wingspan akan mengembang dengan lebar 1,4 meter.

Rudal RBS15 dibuat Saab bersama dengan Diehl Defence GmBH & Co. KG. Hingga saat ini tercatat beberapa negara telah menggunakannya seperti Swedia, Finlandia, Jerman, Polandia, Kroasia, dan Thailand.

Nama Gungnir diambil dari nama tombak milik Odin, salah satu dewa di Asgard dalam mitologi Nordik, Skandinavia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -