Santap Rempah Dengan Cara Berbeda? Jadiin Kue Aja

Tandaseru – Biasanya kue atau bolu kerap menggunakan bahan utama seperti buah atau cokelat. Kali ini cobalah hal baru dengan membuat resep kue rempah yang antimainstream ini!

Cake atau kue dengan perpaduan bumbu rempah dan gula merah, tentu punya aroma yang khas dan cukup menggugah selera. Akan sangat berbeda, karena bahan utamanya menggunakan bumbu spekuk atau campuran kayumanis, cengkih, pala dan kapulaga.

Memiliki tekstur yang cukup lembut, layaknya sponge cake yang biasa ditemui di pasaran, membuat santapan ini sangat cocok untuk menemani minum teh atau kopi di sore hari.

Resep kue rempah punya bahan yang simpel!

Persiapkan 110 tepung terigu protein rendah atau sedang, 25 gram susu bubuk, 1/2 sdt bumbu spekuk, 1/2 sdt bubuk kayu manis dan 1/2 sdt baking powder.

Selanjutnya siapkan 3 butir telur, 75 gram gula palem, 25 gram gula pasir serta 50 gram margarin yang sudah dicairkan.

Untuk bahan taburannya bisa beragam, hanya kali ini boleh menggunakan 50 gram almond atau kenari, jika suka dengan chocochips juga boleh kok.

Cara pembuatannya juga tidak sulit!

Tahap awal membuat kue, campurkan terlebih dahulu semua bahan kering dalam satu wadah yang terdiri dari, tepung, susu, spekuk, kayu manis dan baking powder, kemudian sisihkan.

Setelah itu, kocoklah telur, gula palem dan gula pasir pada wadah berbeda hingga jadi mengental dan adonannya berjejak.

Selanjutnya masukkan seluruh campuran bahan kering kue yang sudah diayak terlebih dahulu ke dalam adonan cair, aduklah secara lipat menggunakan spatula.

Kemudian, tambahkan margarin cair, aduk lagi secara balik menggunakan spatula dan pastikan tak ada cairan yang mengendap. Tapi ingat, jangan pula mengaduknya secara berlebihan.

Lalu, tuangkan adonan kue rempah tersebut dalam loyang yang telah diolesi margarin dan tepung tipis. Kemudian, tabur di atasnya menggunakan almond atau bisa juga Anda meletakkan almond di loyang sebelum adonan dituang.

Taburan bisa beragam, boleh juga menggunakan chocochip agar menarik bagi anak-anak. Setelah itu, barulah panggang kue rempah selama 25 menit menggunakan suhu 180 derajat celcius.

Jangan lupa lakukan tes tusuk pada kue sebelum diangkat. Jika sudah dipastikan adonannya matang, boleh dikeluarkan dari loyang kue rempah tersebut.

Mudah sekali bukan membuatnya? Resep kue rempah ini bisa dibuat di rumah dan cocok untuk menemani minum teh Anda dan keluarga.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait