Selain Digoreng, Kentang Lebih Sehat Diolah dengan 5 Cara Ini Loh!

Tandaseru – Siapa yang suka dengan kentang goreng? Hampir semua orang menyukai, tapi jangan kebanyakan digoreng ya, sebaiknya olah kentang jadi makanan yang lebih sehat. Nah, Tandaseru.id punya tips mengolah kentang jadi lebih sehat nih.

Kentang baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C, B6, potassium dan fitonutrien. Sehingga menjadi sumber pemenuhan nutrisi yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Tapi tahukah Anda? kentang yang digoreng justru bisa menjadi racun bagi tubuh?. Lemak jenuh dan kalori tambahan dari minyak sayur akan menempel pada kentang dan kemudian masuk ke dalam tubuh.

Apabila hal ini dibiarkan berlanjut dalam kurun waktu lama, maka kentang yang harusnya menyehatkan justru bisa menganggu kesehatan bagi tubuh.

Berikut ini 5 tips mengolah kentang dengan praktis, bisa jadi pengganti kentang goreng demi Anda dan keluarga.

Tips mengolah kentang dengan ditumbuk

Cara pertama yaitu dengan menumbuk kentang hingga halus (mashed potato). Anda bisa mengganti mentega dengan susu skim atau yogurt rendah lemak. Tambahkan kembang kol kukus untuk mendapatkan cita rasa yang unik.

Tips lain agar lebih sehat adalah dengan merebus kentang bersama dengan 6 siung bawang putih. Tiriskan dan lalu haluskan keduanya.

Tambahkan sedikit garam, irisan bawang merah, lada hitam, dan tiga sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga rata dan mashed potato siap dinikmati.

Kentang yang dijadikan sup

Cara alternatif kedua, cukup mencampurkan kentang bersama dengan potongan sayur rebus lainnya seperti wortel, brokoli, seledri, dan bawang bombay ke dalam kuah kaldu sayuran yang rendah lemak.

Untuk tambahan protein, tambahkan beberapa suwiran ayam. Tambahkan sedikit lada dan garam.

Kentang kukus

Olah kentang dengan taburan garam, lada, dan bubuk cabai di atas kentang kukus untuk menambah cita rasa. Jika ingin lebih gurih, tambahkan bubuk rosemary dan juga sage.

Ketika dirasa bumbu rempahnya kurang, Anda bisa mengukus kentang dengan menambahkan rempah segar.

Caranya dengan mencincang kasar daun peterseli, kemangi, thyme dan dill, kemudian tabur di atas kentang kukus. Tambahkan lada hitam untuk menambahkan cita rasa kentang kukus.

Kentang panggang

Cara lain untuk mengolah kentang agar lebih sehat yaitu dengan memanggangnya. Tambahkan topping greek yogurt tawar, brokoli, saus, dan cincangan rempah di atas kentang panggang.

Ingat ya, Anda harus terlebih dahulu melapisi kentang dengan alumunium foil guna mempertahankan seluruh nutrisi yang terdapat di dalam kentang.

Dijadikan salad

Olah kentang menjadii salad, namun ganti mayonnaise dengan yogurt rendah lemak agar salad kentang lebih segar.

Bisa menambahkan bawang, paprika merah, selederi, acar dill cincang, dan sedikit garam dan merica.

Nah, itu dia 5 tips mengolah kentang agar jauh lebih sehat. Selamat tinggal kentang goreng!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -