Ceroboh Seperti Lucinta Luna, 5 Seleb ini Pernah Hina Suku dan Dituntut!

Tandaseru – Menjadi selebriti memang harus siap dengan segala konsekuensi. Menjaga sikap dan perkataan sudah jadi keharusan, bagaimana dengan mereka yang disengaja atau tidak melakukan kecerobohan. Seperti seleb yang hina suku di bawah ini!

Memang menjadi tokoh publik itu tidak semudah yang dibayangkan, pasalnya apa pun yang dilakukan dan diucapkan bisa sangat berpengaruh bagi banyak orang.

Terutama selebriti yang kerap melontarkan kata-kata kurang pantas, apalagi perkataan tersebut terkait pada salah satu suku tertentu. Salah-salah mereka bisa berurusan dengan pihak berwajib!

Seperti perbuatan yang tergolong diskriminasi pada ras dan etnis yang tentu punya ancaman hukuman pidana. Bahkan, terdapat hukum adat di dalamnya untuk mengatasi penghinaan tersebut.

Cita Citata jadi salah satu seleb yang hina suku papua loh!

Ternyata pada 2016 lalu, pedangdut ternama yang memiliki tubuh mungil ini sempat mengalami nasib naas akibat ucapannya.

Cita saat itu dilaporkan pada pihak berwajib oleh Komunitas Papua Mandiri atas dugaan penghinaan yang dilakukannya dalam sebuah acara televisi.

Ketika itu Cita mengucapkan, “Cantik masih tetap, harus dicantikin mukanye. Nggak kayak Papua, kan?”. Seolah menggambarkan sosok wanita Papua itu tidak cantik. Oleh sebab itu, Cita Citata dituntut membayar denda adat berupa 500 ekor babi!

Lucinta Luna

Selain Cita ternyata ada artis lain yang berurusan dengan penduduk Papua, siapa lagi kalau bukan Lucinta Luna.

Pada Mei 2018 lalu, artis yang diduga transgender ini harus terlibat dalam proses hukum sebab dianggap telah melecehkan orang Papua.

Hal itu terjadi pada sebuah siaran langsung di Instagram, kala itu entah disengaja atau bukan Lucinta menyindir seorang selebgram yang berasal dari Manokwari yang berwajah mirip dengannya.

Tapi bukan menyebutkannya secara benar, Lucinta justru menyebut Manokwari dengan sebutan Nonokwari. Lantas perkataannya tersebut pun menyulut kemarahan masyarakat Papua.

Bahkan mereka berniat mempolisikan Lucinta sekalipun sudah minta maaf, Lucinta tetap dituntut untuk membayar denda adat sebesar Rp100 Miliar.

Eko Patrio dan Qomar

Nasib naas lainnya yang menimpa selebriti Tanah Air ini dialami oleh dua komedian yang sudah tidak diragukan lagi kelucuannya.

Tapi karier melawak mereka hampir kandas akibat candaan yang mereka lakukan pada sebuah acara di 2014 silam yang berujung ancaman pidana.

Ketika itu mereka berdua jadi juri di sebuah acara televisi, lalu keduanya menyanyikan lagu Situmorang Na Bonggal dengan baik tapi berniat untuk melucu, lirik terakhir mereka ubah jadi ‘Situ monyet atau orang’.

Akibat hal tersebut, orang-orang bermarga Situmorang pun merasa terhina yang akhirnya melaporkan keduanya pada pihak berwajib dan mereka dianggap melakukan penghinaan pada salah satu marga suku Batak.

Nikita Mirzani

Kisah lainnya datang dari selebriti kontroversial Nikita Mirzani yang sempat mengalami hujatan dari banyak pihak akibat dugaan melakukan pelecehan terhadap salah suku.

Kala itu Nikita sedang bersitegang dengan mantan pacarnya Kiki The Potters. Akibat emosi, Nikita pun yang niatnya menjelek-jelekkan Kiki, justru membawa nama tempat kelahiran dari mantan vokalis itu.

Lagi-lagi akibat ucapannya, Nikita pun dihujat habis-habisan oleh netizen dan banyak orang yang merasa tersinggung atas perbuatannya tersebut.

Jadi menurut Anda seleb yang hina suku di atas harus mendapat hukuman seperti apa agar kapok ya? Atau hukuman di atas sudah cukup?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -