Serah Terima Petisi Tolak Rencana Awasi Netflix dan YouTube, Ini Kata KPI

Tandaseru – Hasil petisi online berupa penolakan rencana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk mengawasi Netflix dan YouTube diserahkan langsung di Kantor KPI, Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (14/8).

Penyerahan sekaligus penggagas petisi online dilakukan oleh politikus Partai Solidaritas Indonesia, Dara Nasution yang diterima langsung oleh wakil ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo.

“Kami berharap tandatangan 75 ribu ini jadi pertimbangan KPI untuk pengawasan media baru, seperti Netflix, YouTube, dan Facebook TV,” ujarnya.

Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo mengatakan bahwa pihaknya mengapresi kritikan masyarakat terhadap wacana pengawasan media baru tersebut.

“Kami apresiasi dan kami segera bahas ini,” ucapnya berjanji.

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Ketua KPI Agung Suprio berencana untuk mengawasi media nonkonvensional, seperti Youtube, Netflix, maupun Facebook TV.

Hal ini bertujuan agar materi dan konten memiliki nilai edukasi dan layak ditonton. Sayangnya, rencana tersebut diprotes oleh masyarakat.

Petisi online “Tolak KPI Awasi YouTube, Netflix dan Facebook dibuat oleh politikus Partai Solidaritas Indonesia, Dara Nasution di lama Change.org yang berhasil ditandatangani lebih dari 75 ribu dari target 150 ribu.

Komisioner KPI, Hardy Stefano turut memberi tanggapan terkait rencana tersebut bahwa pernyataan Ketua KPI Agung Suprio merupakan statement personal.

Karena rencana itu belum pernah dibahas dan diputuskan dalam rapat pleno anggota KPI. Sementara KPI periode 2019-2022 sendiri baru dilantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara pada Rabu (7/8) lalu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait