Sering Stress Saat di Kantor, Perhatikan Penyebabnya Yuk!

JAKARTA (!) – Bekerja di kantor seharusnya jadi hal yang menyenangkan agar hasilnya maksimal. Tapi ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan karyawan sering stress bekerja di kantor.

Nah, berikut ini beberapa alasan yang jadi penyebab mengapa karyawan sering mengalami stress saat bekerja di kantor.

Tuntutan Atasan

Jenis atasan memang berbeda-bada pada setiap pekerjaan. Yang pasti atasan selalu punya sikap serta perilaku apapun itu hanya untuk mendapatkan kinerja terbaik bagi perusahaan.

Baik secara lembut atau mendikte, atasan akan menuntut kualitas pekerjaan bawahannya. Kondisi itu sangat berpotensi membuat stress. Solusi terbaik adalah dengan mencoba memahami alasan dari tuntutan yang diberikan.

Agar terhindar dari stess, usahakan untuk terus menilai positif cara atasan dalam menuntut kualitas kerja. Hindarilah untuk merasa gagal, karena hal tersebut bisa membuat semakin stress.

Konflik dengan Rekan

Perusahaan biasanya menempatkan karyawan di lingkungan kerja dengan orang-orang yang tepat. Tetapi, nggak selamanya bisa berjalan baik, yang paling buruk adalah mendapat rekan kerja yang punya ketidakcocokan.

Ketidakcocokan tersebut sangat rentan menimbulkan konflik sesama karyawan. Dengan adanya konflik berkelanjutan pasti membuat stress bahkan menjadikan pekerjaan tidak optimal.

Solusi terbaik, dengan tidak membawa sentimen pribadi pada aktivitas kerja di kantor. Berusahalan profesional dengan mensugesti diri untuk bekerja sebaik mungkin karena itu kewajiban agar perekonomian Anda berjalan lancar.

Banyak Beban Kerja

Biasanya perusahaan melakukan perampingan jumlah karyawan untuk menghemat pengeluaran perusahaan. Tetapi, hal tersebut tidak selamanya baik untuk perusahaan, terutama bagi para karyawan.

Sebab, dengan jumlah karyawan yang sedikit dapat membuat beban kerja yang ditanggung setiap karyawan semakin banyak.

Bukan cuma itu, jam kerja pun jadi lebih panjang dan hal tersebut bisa memicu stress. Pola hidup karyawan jadi tidak teratur, bahkan pola makan, olahraga, refreshing di luar jam kantor saat akhir pekan pun terpangkas.

Hal tersebut akan membuat karyawan bekerja kurang optimal, dan membuat kinerja karyawan tersebut dinilai buruk oleh atasan yang bisa menambah stress.

Kurangnya Komunikasi

Para karyawan selalu menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Sudah pasti kantor menjadi rumah kedua bagi mereka. Oleh sebab itu, bangunlah jaringan komunikasi yang baik di kantor.

Karena dengan kurangnya komunikasi saat bekerja dapat menghadirkan paranoia sendiri atau bahkan timbul perasaan seperti menyudutkan.

Cobalah menegur rekan kerja atau atasan dengan sering membuka topik di luar pekerjaan. Agar memberi efek diterima dan menimbulkan rasa nyaman untuk menghindari stress.

Kumpulan Berita Terkait