Setya Novanto Diperiksa di PN Tipikor

Tandaseru – Mantan ketua DPR Setya Novanto dijadwalkan kembali diperiksa sebagai saksi kasus dugaan e-KTP di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018). Setya Novanto akan jadi saksi untuk Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung.

Hal itu disampaikan kuasa hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail ketika dikonfirmasi wartawan. “Ya, jadi saksi di PN Tipikor,” kata Ismail di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Dalam kasus perkara ini, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung didakwa turut melakukan korupsi proyek e-KTP. Irwanto sendiri merupakan keponakan dari Setya Novanto, sedangkan Made Oka Masaung adalah orang kepercayaan mantan Ketua DPR tersebut.

Keduanya (Irvanto dan Made Oka-red) disebut berperan sebagai perantara pembagian duit ‘haram’ dari proyek itu. Baik Irvanto maupun Made Oka disebut jaksa menerima uang yang ditujukan oleh Setya Novanto.

Novanto dinyatakan bersalah melakukan korupsi dari proyek e-KTP dan divonis 15 tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu, hak politik mantan Ketua DPR tersebut dicabut selama 5 tahun.

Novanto juga dihukum membayar pengganti dari duit yang dikorupsinya sebesar USD 7,3 juta. Jumlah tersebut sudah berkurang Rp 5 miliar dari uang yang dititipkan Novanto saat penyidikan kasusnya masih berjalan. Setelah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung, eks Ketum Golkar itu juga mulai mencicil sebesar USD 100 ribu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -