Siapkan Diri, Ini 5 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

TandaseruBulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim melaksanakan puasa wajib. Menjaga kesehatan saat puasa pun jadi keharusan, salah satu nya dengan selalu memperhatikan setiap jenis makanan sehat untuk berbuka puasa.

Pemilihan jenis makanan dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit yang dialami oleh seseorang saat akan berpuasa keesokkan harinya. Agar tetap kuat, semangat dan tidak terlihat lesu.

Menjaga kesehatan saat bulan puasa sangat penting. Nah, Tandaseru.id punya informasi menarik dari sejumlah sumber yang telah dirangkum. Berikut beberapa jenis makanan yang sehat untuk berbuka puasa.

Jenis makanan sehat untuk berbuka puasa dimulai dengan buah-buahan segar

Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa sangat di anjurkan loh. Sebab buah sangat mudah dicerna oleh usus, carilah makanan yang mengandung banyak air seperti anggur dan semangka untuk mengatasi dehidrasi.

Selain buah yang mudah di cerna, usahakan juga mengonsumsi buah yang kaya akan serat, seperti papaya dan pisang karena buah tersebut dapat memberikan efek segar dalam tubuh.

Buah Kurma

Usahakan mengonsumsi makanan yang ringan dan manis, salah satunya adalah kurma. Ini adalah menu wajib saat berbuka puasa.

Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak fruktosa, sukrosa, dan glukosa dengan kandungan kalori yang rendah, kandungan gula alami yang ada di kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Sayur-sayuran

Sayuran sangat cocok menjadi menu makanan untuk berbuka puasa karena sangat mudah dicerna. Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang.

Nah, agar lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras di sarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau.

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin, zat besi, dan serat yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

Madu

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan sulfur. Kandungan glukosa dan fruktosanya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina yang hilang.

Telur

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa loh, selain mudah dalam penyajiannya, telur mengandung protein yang sangat tinggi dan sangat mudah dicerna.

Dalam satu telur terkandung 9 macam asam amino dan 6 gram protein. Asal jangan makan telur secara berlebihan ya.

Nah itu dia jenis makanan sehat untuk berbuka puasa. Semoga Ramadhan di tahun ini membuat ibadah kita semakin baik dan akan membuat tubuh kita terlatih menjadi lebih sehat.(mr)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -