Sidang Isbat Tetapkan 1 Syawal 1439 H Jatuh pada Jumat, 15 Juni

Tandaseru – Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat 15 Juni 2018 melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6/2018) petang.

“Seluruh peserta sidang isbat bersepakat menetapkan 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam jumpa pers.

Dia mengungkapkan, posisi hilal berada di antara 6 derajat 4 menit sampai 7 derajat 34 menit dari seluruh wilayah Tanah Air. Pihaknya juga menerima kesaksian sedikitnya dari 12 pengamat rukyatul hilal yang menyatakan telah melihat hilal.

Sidang isbat dihadiri sejumlah unsur, seperti duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Sidang juga dikuti delegasi Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat Kemenag, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Sidang penetapan awal bulan Syawal itu dimulai pada pukul 16.00 WIB, diawali dengan paparan astronomi mengenai posisi hilal.

Selanjutnya, diadakan Sidang Isbat tertutup yang diikuti tamu undangan. Sidang biasanya membahas berbagai pertimbangan rukyat dan hisab untuk menentukan 1 Syawal.

Kegiatan itu terbatas bagi kalangan tertentu sesuai dengan permintaan ormas agar tidak memicu polemik di tengah masyarakat. Sidang isbat diakhiri dengan pengumuman hasil sidang melalui jumpa pers bersama  media massa.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -