Sidang Tahunan MPR RI, Jokowi Ingin Bangun Industri Mobil Listrik Sendiri

Tandaseru – Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan DPR-MPR dengan mengenakan busana tradisional sasak dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Dalam sidang tahunan tersebut presiden Joko Widodo membahas sektor industri otomotif sebagai salah satu topiknya dengan pembangunan industri mobil listrik sendiri.

“Kita ingin ingin membangun mobil listrik sendiri. Kita harus bisa menjadi pemain kelas dunia. Talenta Indonesia dan reputasi harus disiapkan. Kita harus melakukan ekspansi local to global. Kita semua bisa melakukannya bersama-sama,” ujar Presiden Joko Widodo, seperti ditayangkan live dari Gedung MPR/DPR/DPD RI.

Dalam pidatonya, Dia secara khusus juga menyatakan ketersediaan bahan baku bijih logam, antara lain kobalt dan nikel yang bisa jadi bahan baku industri otomotif.

Bahan baku ini merupakan kunci untuk pembuatan baterai kendaraan bertenaga listrik, seperti motor atau mobil. Jokowi juga mendorong para pengusaha dan BUMN agar produk dalam negeri membanjiri pasar regional dan dunia.

Sebagai informasi, Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden atau Perpres mobil listrik pada (5/8) lalu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait