Situasi Kamtibmas Saat Pencoblosan Kondusif, Polisi dan TNI Fokus Kawal Suara Sampai ke KPU Pusat

Tandaseru – Polri menyebut situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat pencoblosan Pemilu 2019 telah berlangsung kondusif. Untuk itu, polisi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat telah membantu proses pengamanan itu.

“Situasi keamanan Alhamdulilah secara nasional. Laporan dari Polda Aceh sampai Polda Papua secara umum sangat kondusif. Polri mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, seluruh aparat keamanan yang sudah bekerja keras melakukan proses pengamanan ini,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (17/4).

Saat ini, kata Dedi, pihaknya bersama jajaram TNI akan mengawal perhitungan suara dari tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke KPU pusat untuk dihitung secara keseluruhan.

“Selesai perhitungan TPS, Polri juga masih akan mengamankan dan mengawal seluruh surat suara dari TPS ke PPK dan PPK ke tingkat kabupaten, selanjutnya dikirim ke tingkat provinsi. 35 Hari setelah tanggal 17 ini , kami masih ada agenda juga mengamankan penghitungan secara nasional di KPU,” ujar Dedi

“Tentunya Polri bersama TNI terus akan mengawal proses penghitungan surat suara di tiap-tiap TPS. Untuk pilpres mungkin akan selesai tapi fokus pengamanan selanjutnya adalah penghitungan DPR RI, DPR provinsi, DPR kabupaten dan DPD,” sambungnya.

Dedi menjelaskan kerawanan saat tahap penghitungan suara yang dimaksud misalnya tindak perampasan surat suara, pengancaman dan penganiayaan terhadap petugas TPS dan KPPS dan bentrokan antar massa pendukung.

“Itu fokus yang diantisipasi, dimitigasi oleh aparat kepolisian bersama TNI. Kami intensifkan kegiatan patroli terpadu bersama rekan TNI dan mengimbau masyarakat juga untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan, ronda-ronda di kampung dihidupkan kembali dalam rangka menjaga kondusivitas baik di tingkat daerah maupun secara nasional,” tutur dia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait