SMRC: Kepuasan Publik terhadap Jokowi 70 Persen

Tandaseru – Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di atas 70%. Peluang Jokowi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 semakin menguat.

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), responden yang menyatakan sangat puas sebesar 9,7%, cukup puas 63,7%, kurang puas 22,6%, tidak puas sama sekali 2,8%, sisanya atau 1,2% tidak tahu/tidak jawab.

“Yang merasa puas (sangat puas+cukup puas) dengan kinerja Pak Jokowi sebagai Presiden jika ditotal 73,4%, lebih banyak dibanding yang merasa tidak puas (kurang puas+tidak puas sama sekali) sebesar 25,4%. Ini yang menjelaskan mengapa Pak Jokowi untuk sementara masih cukup unggul dari Pak Prabowo Subianto,” kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan saat merilis temuan survei di Kantor SMRC, Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Apabila dibandingkan dengan kepuasan atas kinerja Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada September 2008, Jokowi jauh lebih tinggi. Pada saat itu, tingkat kepuasan publik terhadap SBY sebesar 56%.

“Kepuasan publik atas kinerja Pak SBY kemudian menjelang Pilpres 2009, terus naik sampai ke 85. Jadi, apabila dalam enam bulan ke depan angka kepuasan kepada Pak Jokowi stabil, maka kecenderungan Pak Jokowi menang semakin besar,” ujar Djayadi.

Ia menuturkan, publik juga yakin dengan kemampuan Jokowi memimpin Indonesia ke depan menjadi semakin baik.

“Ada 71,4% responden yang menjawab sangat yakin dan cukup yakin dengan kemampuan Pak Jokowi memimpin. Hanya 23,2% yang merasa tidak yakin (kurang yakin+tidak yakin sama sekali. Pada realita nanti, orang yang tidak yakin, tidak akan pilih Pak Jokowi,” tuturnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -