Snapdragon 855 Janjikan Perbaikan AI, Kinerja, dan Konektivitas

Setelah resmi diluncurkan 5 Desember lalu, Qualcomm hari ini sepenuhnya merinci spesifikasi untuk spesifikasi chip generasi berikutnya untuk 2019.

Qualcomm secara resmi telah meluncurkan Snapdragon 855 dalam kegiatan Snapdragon Technology Summit 2018. Acara tahunan ini diadakan pada 5 Desember 2018 lalu di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (4/12/2018) waktu Amerika Serikat.

Prosesor terbaru Qualcomm ini dipersiapkan untuk handphone Android flagship 2019. Dengan ukuran kurang dari koin 1 sen Amerika, Snapdragon 855 berfokus pada penambahan dukungan 5G ke ponsel. Peningkatan tak hanya dari aspek konektivitas tapi juga aspek kecerdasan buatan kamera, kecerdasan buatan, hiburan, dan banyak lagi.

Penasaran seperti apa kelebihan apa saja dari chipset generasi terbaru? Berikut fakta-fakta dari Snapdragon 855.

snapdragon 855 - 5G
http://techpp.com

Konektivitas dan Kinerja

Untuk konektivitas, 855 mendukung multi-gigabit 5G, khususnya jika menggunakan modem X50. Modem Snapdragon X50 mendukung 5G untuk pita frekuensi Sub-6 GHz dan mmWave.

Dengan modem X50 memungkinkan kinerja rata-rata 20x lebih cepat dibandingkan dengan konektivitas yang ada sekarang. Tetapi saat ini yang terpasang didalam chip 855 hanya modem Snapdragon X24 LTE, pengembangan dari modem X20 yang ada pada Snapdragon 845.

Ketika berbicara tentang kinerja, 855 adalah chip pertama yang menggunakan proses 7 nanometer (mirip dengan A12 Bionic milik Apple). Chipset ini akan menawarkan peningkatan kinerja grafis 20% berkat Adreno 640 GPU-nya.

CPU Kryo 485 yang ada di dalamnya juga akan membawa peningkatan kinerja CPU sebesar 45% berkat ke delapan core-nya. Qualcomm mengatakan itu adalah lompatan CPU terbesar yang pernah dihasilkannya.

Snapdragon seri terbaru ini juga memiliki prosesor Hexagon yang khusus didedikasikan untuk tugas terkait AI yang sudah ditingkatkan.

Kecerdasan Buatan

Gabungan dari Adreno, Kyro, dan Hexagon bekerja bersama untuk menjalankan Kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence (AI). Sebagai mesin AI generasi keempat, 855 diklaim mampu meningkatkan perfoma AI 3x dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan AI juga dapat membantu mengurangi kebisingan suara sekitar sehingga pesan suara terdengar lebih jelas.

qualcomm snapdragon 855
https://9to5google.com

Kamera

Aspek kamera juga mendapatkan peningkatan dengan prosesor generasi terbaru ini. Prosesor ini memiliki intelligent architectures dan artifical intelligence. Prosesor ini juga dijamin mampu menghasilkan foto dan yang lebih baik berkat penggunaan computer vision ISP pertama di dunia.

Snapdragon 855 mampu menampilkan apa yang disebut sebagai Pengolah Sinyal Gambar Visi Komputer (CV-ISP) dengan Spectra 380 ISP. Juga, menawarkan peningkatan kecepatan yang signifikan dan pengurangan daya untuk tugas-tugas fotografi berat secara komputasi.

Untuk video dengan teknologi HDR10+ bisa menangkap lebih dari 1 miliar warna sehingga  video ukuran 720p dan slow motion 480FPS dimungkinkan. format file HEVC (H.265) pada video dan HEIF pada foto berfungsi untuk mengurangi ukuran file hingga 50%.

Gaming dan Hiburan

Sudah pasti bahwa ketika kinerja CPU dan GPU meningkat, begitu juga kinerja gaming. Platform Gaming Snapdragon Elite ditanamkan pada Snapdragon 855. teknologi ini mampu meningkatkan pengalaman bermain gim mobile. Tak tanggung-tanggung, pengalaman yang diberikan diklaim setara konsol gim

HDR Playback Codec mendukung HDR10 +, HDR10, dan Dolby Vision untuk menonton video berkualitas tinggi dan hemat baterai. Ini dapat mendukung tampilan 4K HDR di perangkat, serta dua layar eksternal dengan resolusi yang setara.

Prosesor ini juga hadir dengan 3D Sonic Sensor untuk kemampuan pemindaian sidik jari di bawah layar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait