Sprinter Indonesia Rebut Emas di Kejuaraan Atletik Dunia U-20

Tandaseru – Indonesia melalui sprinternya Lalu Muhammad Zohri menyita perhatian dunia usai meraih medali emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) malam waktu setempat.

Putra asli Lombok itu menjadi pelari pertama mengecup nikmat garis finis dengan catatan waktu 10,18 detik. Zohri mengungguli dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Zohri

“Ini menjadi pengalaman yang membanggakan untuk saya tentunya. Usai ini saya bersiap untuk Asian Games,” kata Zohri dalam kesempatan wawancara, dilansir IAAF, Federasi Atletik Dunia, usai lomba.

Keberhasilan Zohri jadi juara ini merupakan sejarah besar bagi dunia atletik Indonesia dan juga dalam sejarah kejuaraan yang diperuntukkan bagi atlet U-20 ini. Pasalnya ini adalah hasil terbaik yang didapat pelari Indonesia di kejuaraan ini.

Zohri

Zohri bukan unggulan utama. Catatan waktu terbaik Zohri sebelum kejuaraan dimulai adalah 10,25 detik.

Sekretaris Kementerian Pemuda Olahraga, Gatot S Dewa Broto mengapresiasi raihan yang dibuat Zohri. “Zohri akan pulang ke Indonesia Sabtu ini, kita sambut,” kata Gatot, kepada wartawan di Kemenpora.

Kumpulan Berita Terkait