Sudah Nyobain? 5 Jajanan Berbahan Aci yang Lagi Hitz Banget

JAKARTA (!) – Jajanan berbahan Aci memang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat. Sebab rasanya sangat gurih, aci juga termasuk makanan yang bisa di olah dengan berbagai bentuk loh.

Berikut ini 7 jajanan berbahan dasar aci yang lezatnya kebangetan. Dijamin, bikin gak rela bagi-bagi.

Cilor salah satu jajanan berbahan aci yang lagi hitz

Jajan cilor atau aci telor ini lagi hits banget, bukan hanya dikalangan anak-anak tapi juga kalangan orang dewasa.

Cilor biasanya suka di jual di sekitar sekolah ataui pusat keramaian lainnya. Sesuai dengan namanya, cilor dibuat dari aci dan telor.

Biasanya aci yang sudah dipotong dadu lalu dimasak dengan campuran telor yang sudah di kocok. Setelah matang dicampurkan dengan aneka bumbu penyedap rasa.

Penyedap rasa seperti bumbu rasa jagung bakar, bubuk cabai, lada putih dan rasa balado. Cilor yang lezat pun siap untuk disantap.

Cireng

Cireng atau aci digoreng ini adalah jajanan yang berbahan aci yang banyak disukai karena memiliki rasa gurih dan testur yang kenyal.

Adonan aci ini di campur beberapa bahan dan bumbu lainnya, seperti tepung terigu, bumbu penyedap dan daun bawang, lalu di bentuk bulat tipis kemudian digoreng hingga matang.

Cireng biasanya akan disajikan dengan bumbu saus asam manis.

Cilung

Jajanan aci digulung atau lebih dikenal cilung ini sangat disukai masyarakat. Makanan yang bercitarasa gurih ini mempunyai bentuk yang menyerupai sate.

Cara membuatnya pun cukup mudah, langkah pertama tuangkan adonan aci secukupnya diatas teflon lalu ratakan, setelah itu tuang telor yang sudah di kocok keatas adonan.

Biarkan hingga setengah matang lalu tambahkan berbagai aneka bumbu tabur dan saus atau bubuk cabe.

Setelah itu gulung adonan menggunakan tusuk sate. Kemudian sajikan dengan bumbu serundeng.

Cimol

Jajanan Berbahan Aci

Banyak sekali yang suka dengan jajanan cimol, cimol atau aci digemol adalah makanan yang berbahan aci yang dibentuk bulat.

Camilan gurih ini dibuat dari adonan aci yang dibentuk bulat-bulat lalu di goreng. Biasanya setelah cimol matang maka dicampurkan dengan bumbu tabur, bubuk cabai, lada, atau penyedap rasa.

Cilok

Dan terakhir, makanan ari aci yang banyak disukai adalah cilok. Cilok atau aci dicolok dibuat dari aci yang di bulet-bulet dan dalemnya diisi bawang goreng atau daging cingcang, lalu direbus hingga matang.

Bumbu kacang biasanya di gunakan untuk pedamping cilok, bisa juga saus pedas, kecap  dan bubuk cabai.

Nah, dari jajanan berbahan aci yang lagi hitz diatas, mana makanan favorit Anda?

Kumpulan Berita Terkait