Sungguh Aneh, 5 Bunga Cantik Ini Ternyata Bisa Dimakan?!

Kamu tentu sudah tak asing dengan sosok Suzzanna. Sosok fenomenal ini katanya semasa hidupnya suka menyantap bunga melati dengan alasan baik untuk kesehatan kulit. Tapi siapa sangka, ternyata bukan hanya melati, lima bunga cantik di bawah ini juga bisa dimakan dan menyehatkan tubuh, lho. Simak kalau tak percaya.

1. Mawar

Mawar, bunga cantik ini sudah tak asing dalam dunia perawatan kecantikan. Tapi benarkah bisa dimakan? Ternyata bisa! Kandungan fenolat dalam bunga cantik ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan kaya akan vitamin.

Eits, tapi jangan asal saja memakan bunga ini ya. Biasanya, kelopak bunga mawar dikeringkan kemudian dijadikan teh atau manisan. Kelopak mawar juga bisa dibuat minyak esensial untuk dijadikan bahan resep dessert baklava di Ottoman.

2. Bunga Kecombrang

Mungkin kamu sedikit asing dengan bunga cantik yang satu ini. Bunga kecombrang juga dikenal dengan sebutan kincung, kantan, atau honje. Kecombrang memiliki kandungan fenolik, saponin, tanin, glikosa, steroid, flavonida, alkaloid, vitamin, mineral, antimikroba, dan kaya antioksidan. Di indonesia sendiri, bunga ini sering dijadikan bumbu pelengkap laksa medan dan gulai.

Lalu apa saja manfaat bunga kecombrang? Antara lain melancarkan asi, membersihkan darah, mengobati penyakit kulit dan luka, menguatkan tulang dan gigi, menghilangkan bau tak sedap, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah dehidrasi.

3. Kembang Sepatu

Bunga cantik ini juga biasa disebut sebagai hibiscus. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara dikeringkan bunganya lalu diseduh menjadi teh atau minuman lain. Kelopak bunganya yang masih segar juga bisa dijadikan sebagai manisan dan salad, lho. Jangan khawatir, rasanya tidak aneh kok, antara campuran lemon dan buah cranberry. Manfaat mengonsumsi kembang sepatu adalah mampu mengontrol tekanan darah dan kolesterol karena mengandung anthocyanin dan antioksidan.

4. Bunga Dandelion

Kamu pernah membuat permintaan dengan meniup bunga cantik yang satu ini? Nah, ternyata dandelion bisa dimakan, lho. Di Indonesia sendiri, dandelion suka dijadikan lalapan. Sebaiknya dandelion dikonsumsi saat bunganya belum mekar karena masih terasa manis. Jika sudah mekar, rasanya cenderung pahit.

5. Bunga Anggrek

Bunga yang biasanya ditanam dalam pot ini ternyata bisa dimakan. Anggrek biasa dijadikan campuran permen, acar, tumisan, dan camilan lainnya. Rasanya sedikit pedas dan teksturnya mirip mentimun. Manfaat bunga ini cukup banyak, yakni mengobati sakit gigi dan telinga, mengatasi gangguan saraf dan fungsi otak, meredakan stres, dan menyembuhkan demam dan nyeri sendi.

Ternyata banyak juga ya bunga cantik di sekitar kita yang bisa dimakan. Tapi ingat, cari tahu dulu bagaimana cara mengonsumsi masing-masing bunga agar kamu tidak keracunan makanan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -