Surat Kabar Milik Orang Kaya di Dunia Bangkrut, Ini Alasannya

TandaseruSurat kabar Express yang diterbitkan Washington Post, media yang dimiliki oleh orang kaya dunia, Jeff Bezos, dikabarkan gulung tikar. Seluruh karyawannya pun terkena PHK.

Surat kabar Express atau dikenal The Post telah sukses beredar selama 16 tahun dan tersedia gratis. Alasan surat kabar Express bangkrut, yakni adanya perpindahan tren baca berita ke internet dan minimnya iklan.

Biasanya koran tersebut dibaca oleh para pengguna sarana transportasi umum di kota Washington. Sirkulasinya telah anjlok menjadi 130 ribu eksemplar, dari angka 190 ribu eksemplar tahun 2007.

Dikutip dari Washington Post, Minggu (15/9), banyaknya akses Wi-Fi membuat surat kabar Express tak dapat bersaing dengan media digital.

“Semakin banyak pembaca mengkonsumsi konten The Post secara digital dan kami akan terus melayani para komuter dengan produk digital,” cetus Washington Post.

Tak hanya itu, nasib seluruh jurnalis Express yang berjumlah 20 orang terdampak PHK. Meski demikian Editor Esekutif The Post, Dan Caccavaro mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah akan ada kompensasi yang adil untuk karyawan yang dirumahkan.

Sementara Express juga turut mempekerjakan 75 orang sebagai pengantar koran itu ke berbagai sudut kota Washington yang nasibnya belum jelas.

Washington Post dibeli oleh Bezos pada tahun 2013 dengan harga USD 250 juta. Mereka masih menjadi media berpengaruh dan terus bertransisi ke jagat digital.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id