202 Tahanan Kabur Rutan Sialang Bungkuk Berhasil Ditangkap

PEKANBARU (!) – Sebanyak 202 narapidana yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, berhasil ditangkap kembali oleh Kepolisian Daerah Riau, hingga Sabtu (6/5) pukul 10.00 WIB.

Menurut Kepala Biro Operasi Polda Riau Kombes Pol A Hafidh Yuhas, pihaknya masih menunggu informasi dari Rutan Klas IIB Sialang mengenai jumlah sebenarnya dan identitas tahanan yang melarikan diri pada Jumat (5/5).

Sejak insiden tersebut, sekitar 14.000 personel dari seluruh jajaran Polda Riau diturunkan untuk menangkap kembali tahanan yang kabur.

Polda Riau melakukan penyekatan di wilayahnya dan berkoordinasi dengan Polda daerah sekitarnya, yakni Polda Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Utara.

Menurut Hafidh, pergerakan tahanan yang kabur sangat cepat karena ada yang sudah ditangkap di perbatasan Sumbar yang berjarak 100 kilometer dari Pekanbaru.

“Kami khawatir tahanan yang masih berkeliaran melakukan tindak kejahatan,” ujarnya. di kompleks Rutan Klas IIB Pekanbaru, Sabtu (6/4).

Kaburnya ratusan tahanan Rutan Sialang Bungkuk dipicu unjuk rasa tahanan di Blok B dan C karena merasa tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

Tahanan tersebut akhirnya membuat kericuhan dan mendobrak pintu setinggi tiga meter bagian samping kanan rutan, lalu kabur.

Rutan Sialang Bungkuk mengalami kelebihan kapasitas penghuni karena seharusnya hanya menampung 361 tahanan, tetapi kenyatannya berisi 1.870 orang. Satu sel yang seharusnya hanya 10-15 orang, diisi hingga 30 orang. (17)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -