Tak Disangka, 3 Minuman Ini Bikin Gigi Rusak!

Setiap orang mempunyai minuman favoritnya masing-masing. Biasanya, minuman favorit ini dikonsumsi dikala senggang atau saat ngobrol bersama orang tercinta. Yang patut diwaspadai, terlalu banyak mengonsumsi jenis minuman tertentu tidak baik lho untuk tubuh. Ingat, semuanya harus seimbang dan tidak berlebihan.

Jika tiga minuman di bawah ini termasuk minuman favoritmu, kamu harus waspada. Terlalu sering mengonsumsi tiga minuman ini bisa bikin gigi rusak, lho. Enggak mau kan? Yuk simak bareng-bareng.

1. Kopi

Sepertinya, sebagian pecinta kopi sudah mengetahui jika terlalu banyak minum kopi bisa membuat gigi kuning. Penyebabnya adalah karena kopi mengandung tannin yang bisa mengubah warna asli gigi. Tannin sendiri adalah zat yang biasa dipakai untuk pewarna kulit atau pembuatan tinta.

Untuk kamu penderita maag dan asam lambung, juga harus waspada. Kopi bersifat asam sehingga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak karena bisa bikin asam lambung naik. Selain itu, kopi juga bisa mengubah pH di mulut sehingga bikin gigi rusak.

Enamel gigi bisa melemah karena sifat asam kopi dapat menembus bagian luar gigi yang berfungsi melindungi gigi. Meski enamel gigi tahan terhadap efek asam kopi, tetap saja bagian luar gigi akan berwarna kuning. Enggak mau kan gigi kamu berubah menjadi kuning? Jadi, konsumsi kopi dalam batas wajar, ya.

2. Minuman Soda

Minuman soda memang menyegarkan diminum saat udara terik. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi minuman soda tidak baik lho untuk kesehatan tubuh. Selain itu, minuman soda juga bisa bikin gigi rusak.

Kenapa ya minuman soda bisa bikin gigi rusak? Jawabannya karena minuman soda mengandung asam fosfat dan karbonat. Kedua zat tersebut bisa mengikis enamel gigi. Kandungan gula yang tinggi dalam minuman soda juga bisa membuat bakteri berkembang biak dengan nyaman dalam mulut. Akibatnya, gigi kamu bisa berlubang!

3. Minuman Berenergi

Umumnya, minuman energi yang dijual di pasaran berwarna kuning. Bukannya mendapat energi tambahan untuk berolahraga, minuman berenergi malah bisa bikin gigi rusak. Minuman ini bisa meninggalkan noda dan mengikis email gigi. Kandungan gulanya juga cukup tinggi.

Itulah tiga jenis minuman yang bisa bikin gigi rusak jika dikonsumsi berlebihan. Ada minuman favoritmu dalam list di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -