Tak Kunjung Terima Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Lieus Sungkharisma: Polisi Jangan Buat Susah Orang

Tandaseru – Tersangka kasus dugaan makar, Lieus Sungkharisma menanggapi soal tidak kunjung diterimanya permohonan penahanan yang diajukan Eggi Sudjana yang juga menjadi tersangka kasus makar. Dia menyebut polisi jangan membuat susah orang.

“Penangguhan penahanan enggak ada salahnya, kayak saya di luar, saya merasakan memang lebih enak diluar. Jadi, janganlah kita bikin susah orang-orang yang iktikadnya tidak seperti apa yang dituduhkan, karena menurut saya enggak baik itu, kan kita dituduhnya makar,” kata Lieus di Polda Metro Jaya, Senin (10/6).

Lieus menilai, selama Eggi ditahan tak ada perkembangan mengacu pada iktikad makar. Melainkan, Eggi hanya memiliki perbedaan pandangan politik.

“Ini enggak ada iktikad ke makar, tetapi lebih kepada perbedaan pandangan politik, ya lucunya juga kan kalau semuanya ngikut petahana, itu bukan demokrasi lagi namanya,” ungkap Lieus.

Maka itu, ia berharap polisi bijaksana dalam bersikap. Ia meminta polisi untuk mengabulkan penangguhan penahanan Eggi.

“Jadi saya pikir itu lah, bijaklah kalau pak polisi mengabulkan permohonan penangguhan, saya berdoa ya dalam beberapa hari ini Eggi bisa diberikan penangguhan penahanan, bisa dikabulkan penangguhannya,” ujar Lieus.

Permohonan penangguhan penahanan menjadi tahanan kota terhadap tersangka dugaan makar Eggi Sudjana ditolak Polda Metro Jaya. Kebijakan ini dilakukan setelah evaluasi mendalam tim penyidik.

“Sampai sekarang dari penyidik keputusannya belum mengabulkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di KM 39 Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 8 Juni 2019.

Namun, Argo enggan membeberkan alasan tak mengabulkan permohonan itu. Meski dua politikus Partai Gerindra Fadli Zon dan Sufmi Dasco Ahmad menjamin penangguhan penahanan untuk Eggi, wewenang ada di tangan penyidik.

“(Alasannya) subyektifitas penyidik,” ujar Argo.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait