Es Laksamana Mengamuk Khas Riau ini Cocok Juga Untuk Takjil Loh!

Tandaseru – Ternyata salah satu kuliner khas Riau ini bukan hanya nikmat, tapi juga menyegarkan. Maka, sangat pas jika minumam tersebut dijadikan menu takjil. Kenapa kuliner tersebut punya nama unik dan apa resep membuat takjil dari Riau es Laksamana Mengamuk itu?

Ada yang pernah dengar tentang es Laksamana Mengamuk? Ternyata kuliner tersebut memiliki kisah tersendiri kenapa bisa disebut dengan Laksamana mengamuk. Bukan itu saja, minuman dingin yang menyegarkan itu juga bisa dibuat sendiri di rumah sebagai takjil spesaial di hari terakhir berpuasa.

Sebenarnya kenapa takjil dari Riau es Laksamana Mengamuk bernama unik?

Ternyata es dengan buah kweni sebagai bahan utamanya ini, konon berawal dari mengamuknya seorang laksamana di sebuah kebun kweni.

Laksamana sampai mengamuk akibat istrinya dibawa lari pemilik kebun kweni itu. Akhirnya sang laksamana menebaskan pedangnya pada seluruh penjuru, sampai puluhan buah kweni hancur oleh kemarahannya.

Usai Laksamana selesai meluapkan kemarahannya, orang di sekitar kebun tersebut mengambil buah kweni yang telah tercincang dan terhampar di rumput.

Saat mengambilnya orang-orang tersebut bingung, akan diapakan buah yang telah terpotong itu. Sampai ada wanita yang mencampurkan potongan buah kweni dengan santan serta gula merah. Maka, jadilah minuman segar itu dan langsung dinikmati seluruh kampung.

Itu kenapa dinamakan es Laksamana mengamuk, karena berasal dari amukan sang Laksamana pada buah-buah kweni.

Bagaimana cara membuatnya untuk jadi takjil?

Santapan segar dan unik ini mudah sekali membuatnya, bahannya pun sangat mudah diperoleh yaitu 300 gram mangga kweni yang sudah dikupas dan dipotong.

Lalu siapkan juga 2 buah kelapa muda yang sudah dikeruk daging buahnya dan dipisahkan, 600 ml air kelapa, 1 sdm biji selasih, 200 ml santan cair, 20 ml susu kental manis, 200 ml sirup jeruk dan 600 gram es batu

Untuk langkah pembuatannya pertama, tuangkan sirup jeruk pada dasar gelas saji sesuai selera. Lalu, tambahkan es batu secukupnya.

Kemudian, masukkan kelapa muda, mangga kweni serta biji selasih. Selanjutnya, tuangkan air kelapa, beri santan, siram menggunakan susu kental manis.

Jika sudah, takjil dari Riau es Laksamana Mengamuk siap untuk disajikan, resep di atas cukup untuk untuk enam gelas saji loh!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -