Waspada Dengan Tanda Ginjal Tidak Sehat, Begini Cara Mengatasinya

Tandaseru – Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia. Fungsinya untuk menyaring darah yang mengalir dari tubuh. Namun apa yang terjadi bila ginjal tidak berfungsi dengan baik? Apa saja yang menjadi tanda ginjal tidak sehat agar perlu kita waspadai.

Ginjal sendiri bekerja menyaring darah yang mengalir dari tubuh, hal ini berfungsi membantu memisahkan racun, mengontrol kesimbangan dalam tubuh, dan mengatur elektrolit tubuh.

Ketika ginjal sakit, produk limbah dan cairan dapat menumpuk sehingga menimbulkan berbagai masalah. Seperti sesak nafas, muntah, pembengkakan pada pergelangan kaki, dan jadi susah tidur.

Gejala awal ginjal saat mengalami kerusakan tidak terlalu spesifik. Sebab penyakit ginjal biasanya disebabkan oleh penyakit lain. Hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menurun.

Tanda ginjal tidak sehat yakni menurunnya fungsi ginjal

Kebiasaan Cegah Sakit Ginjal

Ciri-ciri ginjal tidak sehat biasanya jumlah urine menjadi sedikit, serta penderita akan mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh seperti mata dan pergelangan kaki.

Selain itu, ada yang mengalami hipertensi, sesak nafas, bau nafas, mual muntah, dan nafsu makan yang menurun. Kulit juga bisa berubah menjadi pucat dan kering,

Apabila Anda memiliki gejala seperti diatas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Terlebih lagi jika memiliki riwayat medis yang dapat meningkatkan resiko terkena gagal ginjal kronis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ginjal anda menjadi rusak, diantaranya adalah terlalu sering mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan reaksi alergi antibiotik.

Selain itu, penyalahgunaan narkoba, terjadi penyumbatan pada saluran kemih dan tet rontgen dengan pewarna.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal?

Sebelum ginjal mengalami kerusakan yang lebih parah, sebaiknya terus rawat kesehatan ginjal Anda. Ikuti beberapa cara untuk dapat merawat kesehatan ginjal.

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan serat dan minum air putih

Walaupun bagi sebagian orang mengkonsumsi sayuran adalah hal yang meyeramkan, tapi tetap saja mengkonsumsi banyak sayur, biji-bijian dan buah dapat menjaga kesehatan ginjal Anda.

Pastikan juga tubuh terhidrasi dengan baik, caranya minum air putih minimal 8 gelas perhari.

Jangan lupa untuk perhatikan warna urine Anda, jika urine jernih itu tandanya tubuh telah terhidrasi dengan baik.

Jauhi rokok dan minuman beralkohol

Hal ini juga sangat penting karena dengan mengkonsumsi keduanya dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Hipertensi menjadi salah satu pemicu penyakit ginjal.

Jaga berat badan

Semua hal yang berlebihan tentu tidak baik, begitu juga dengan berat badan Anda. Bila berat badan terus naik, maka akan semakin besar pula resiko terserang gagal ginjal.

Selain itu, Anda juga dapat terserang penyakit jantung. Oleh karenanya selalu perhatikan berat badan dan olahraga yang teratur guna menjaga daya tahan tubuh agar selalu dalam kondisi prima.

Semua organ dalam tubuh kita mempunyai peran yang penting dan patut kita jaga kesehatannya.

Mulai kenali beberapa tanda ginjal tidak sehat seperti diatas, agar Anda bisa menanganinya sedini mungkin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait