3 Tanda Penuaan Dini Yang Perlu Anda Waspadai dan Cara Mencegahnya

Tandaseru – Sedang tren aplikasi edit wajah FaceApp yang bisa membuat wajah di foto menjadi muda hingga tua. Nah, menjadi tua memang tidak bisa dihindari, untuk itu ketahuilah beberapa tanda penuaan dini yang perlu Anda waspadai.

Aplikasi FaceApp jadi mengingatkan kita, bahwa penting menjaga kebugaran agar tak terlalu keriput seperti wajah tua yang diprediksikan aplikasi tersebut.

Faktor yang mempengaruhi gejala ini bisa dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, hingga kebiasaan merokok serta minum alkohol yang dapat menghasilkan radikal bebas.

Faktor eksternal lain yang menjadi penyebab penuaan dini juga bisa dari sinar matahari dan cuaca. Misalnya bagi Anda yang tinggal di negara dengan suhu panas dan dingin yang ekstrem.

Jika tak ingin penuaan dini terjadi pada Anda, maka cegahlah sebelum terlambat dengan waspadai ciri-cirinya.

Merasa tulang dan sendi kaku bisa jadi tanda penuaan dini

Tas Berat Bikin Punggung Tidak Simetris

Salah satu tanda penuaan dini yang terlihat adalah tulang yang mudah melemah. Tulang  kurang padat dan lebih rapuh sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Tak hanya tulang, sendi pun terasa lebih kaku. Hal ini disebabkan cairan dan tulang rawan yang melapisi sendi dapat berkurang. Ketika jaringan di antara-antara sendi ini rusak, maka bisa timbul peradangan.

Tubuh mudah lelah saat beraktivitas

Pernah merasa melakukan aktivitas harian yang tidak terlalu berat, tetapi tubuh selalu merasa cepat lelah? Maka Anda perlu waspada bisq jadi hal ini adalah tanda-tanda penuaan dini.

Energi dalam tubuh dihasilkan dari proses pernapasan yang dibantu dengan adanya asupan makanan. Dalam proses tersebut, ada bangunan bernama mitokondria yang berperan aktif dalam mengubah oksigen menjadi energi bagi tubuh.

Nah, jika tubuh sudah memasuki proses penuaan, akan terjadi penurunan fungsi dan jumlah dari mitokondria. Hal ini berpengaruh  pada pembentukan energi di dalam tubuh sehingga tak heran kalau Anda mudah merasa lelah.

Sistem imun menurun dan badan pegal-pegal

Fisik yang semakin menua turut membuat sistem imun dalam tubuh berkurang. Kekebalan tubuh yang melemah dapat membuat Anda rentan terserang berbagai penyakit yang disebabkan virus, dan bakteri jahat.

Selain itu, cegah juga badan yang pegal-pegal dengan asupan nutrisi yang tepat. Seperti kalsium yang memiliki mineral bermanfaat untuk tubuh menjaga massa tulang, mencegah osteoporosis, sampai melindungi dari berbagai penyakit.

Anda bisa mengonsumsi susu tinggi kalsium dibandingkan susu biasa. Sebab tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap untuk mencegah osteoporosis pada tulang dan juga menghindarkan tubuh dari rasa pegal.

Antioksidan dari ekstrak zaitun juga diperlukan untuk memperlambat penuaan dini pada kulit karena dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit jantung koroner.

Demikian beberapa tanda penuaan dini yang bisa Anda cegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Ingin terhindar dari pengeroposan tulang, kan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait