Baru Punya Anak Kembar, ini 5 Tantangan yang Akan Dihadapi Nanti!

Tandaseru – Memiliki anak kembar memang tidak mudah tapi tidak sulit juga, yang terpenting orang tua tahu apa saja tantangan serius punya anak kembar seperti di bawah ini!

Saat tahu akan memiliki anak kembar pasti sangat menggembirakan, mengejutkan sekaligus mendebarkan. Pasalnya, akan ada banyak tantangan saat melahirkan hingga membesarkan anak kembar.

Agar lebih siap saat memiliki anak kembar, seperti dilansir dari eparenting.co.uk, ada sejumlah tantangan yang akan dihadapi dan perlu banget dicatat.

Persiapan melahirkan jadi tantangan serius punya anak kembar yang pertama!

Saat mempersiapkan kelahiran, maka sebaiknya ibu sudah mencari tahu atau diberi tahu apa saja yang perlu dilakukannya ketika melahirkan nantinya.

Salah satunya, latihan pernapasan, tenang serta rileks merupakan hal wajib bagi ibu anak kembar, entah itu melahirkan normal ataupun caesar.

Kesehatan dan nutrisi ibu

Usai melahirkan, pun lebih penting lagi bagi ibu beranak kembar. Pasalnya, ibu harus dapat cukup minum air putih serta megonsumsi makanan bergizi agar menyusui dua atau lebih anak sekaligus dengan baik.

Jadi ibu harus membutuhkan asupan makanan sehat yang lebih banyak alias dua kali lipat gizinya dibandingkan ibu yang hanya memiliki satu anak saja.

Sejumlah benda yang perlu dibeli

Anak kembar pasti lebih banyak barang yang perlu dibeli, baik itu pakaian, makanan ataupun perawatan. Jadi ibu perlu menekan pengeluaran dengan tak perlu banyak membeli mainan.

Sebaliknya, anak perlu untuk diajak bermain dengan apa sudah ada di rumah. Lagi pula, dengan hanya menyediakan satu mainan mereka bisa diajarkan untuk saling berbagi sejak dini.

Kurang tidur

Hal tersebut juga harus diperhatikan orang tua, khususnya ibu. Karena lebih banyak kurang tidur yang akan dialami pada malam hari saat mengasuh dan merawat bayi kembar.

Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan kesabaran, kekuatan serta keteguhan yang ekstra untuk menghadapi tantangan tersebut.

Banyak menabung

Dengan kehadiran anak kembar, maka kebutuhan jadi dua kali lipat lebih banyak. Tidak hanya makan dan minuman saja, orang tua juga harus menabung sekaligus sudah memikirkan semua biaya sekolah, biaya kesehatan, asuransi dan lainnya.

Memang mempunyai anak kembar itu menakjubkan, tetapi ingat juga ada banyak tantangan yang berat dan perlu diperjuangkan. Untuk itu tantangan serius punya anak kembar harus dinikmati!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -