Tarif Pesawat Jakarta-Surabaya Rp4 Juta? Ini Penjelasan Menhub

Tandaseru – Beberapa hari terakhir beredar berita tentang tarif pesawat Jakarta-Surabaya mencapai Rp4 juta menjelang Lebaran. Pemerintah dikecam karena membiarkan maskapai menengguk untung ketika masyarakat kepepet.

Namun, kabar itu dibantah oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia memastikan kabar itu bohong alias hoax karena pemerintah menetapkan batas atas Rp1,3 juta untuk tarif pesawat Jakarta-Surabaya.

“Itu berita bohong karena ada ketentuan tarif batas atas untuk jurusan tersebut,” kata Menhub saat meninjau persiapan angkutan Lebaran 2018 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (3/6/2018).

Berdasarkan ketentuan, kata Budi Karya, tarif pesawat Jakarta-Surabaya maksimal Rp1,3 juta dan pergi-pulang Rp2,6 juta per penumpang.

Berdasarkan penelusuran Tandaseru di beberapa situs perjalanan online, tarif tertinggi rute Jakarta-Surabaya mencapai Rp1.644.200, yakni pesawat Garuda Indonesia untuk jadwal penerbangan 12 Juni pukul 22.10 WIB.

Beberapa penerbangan Garuda Indonesia di atas Rp2 juta, bahkan ada yang mencapai Rp3.960.000, untuk jadwal 12 Juni, tetapi itu penerbangan transit melalui Semarang atau Makassar.

Menhub mengatakan maskapai memang  berhak mengenakan tarif sesuai batas atas tapi perusahaan harus menetapkan tarif yang wajar dan terjangkau oleh masyarakat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -