Tata Cara Makan Terunik di Dunia

JAKARTA (!) – Makan menggunakan tangan langsung atau makan sambil duduk lesehan merupakan kebiasaan makan yang unik di Indonesia. Tapi tahu nggak sih ada kebiasaan makan yang termasuk unik dari negara lain, mau tahu? Berikut ulasannya.

Kebiasaan makan rumit di Thailand

Di tempat yang dijuluki negeri 1000 Pagoda ini, ternyata memiliki salah satu tata cara makan yang terunik di dunia.

Masyarakat Thailand yang percaya akan hal-hal mistis serta berbagai mitos dalam kehidupan mereka ternyata memberi efek pada kebudayaan serta kebiasaan mereka sehari-hari.

Salah satunya, tata cara makan yang mengharuskan posisi telapak kaki tak boleh terlihat saat lesehan ataupun posisi kepala ketika duduk yang tak boleh lebih tinggi dari posisi patung Buddha atau Raja yang berada di rumah.

Bukan hanya itu, warga Thailand harus menikmati makan dalam keadaan diam atau tanpa bercanda karena mereka percaya jika hal tersebut dilakukan, maka nasinya akan dicuri hantu!

Yang lebih unik, mereka tidak boleh makan sambil bersandar, karena akan terlahir sebagai ular saat reinkarnasi mendatang. Aneh ya?

Spanyol

Negara ini juga nggak kalah, masyarakat di sana memiliki tata cara yang unik saat makan yang dinamakan sobremesa.

Jika diartikan dalam bahasa Inggris, sobremesa merupakan after dining atau setelah makan.

Jadi warga Spanyol meyakini dan memegang teguh tradisi bahwa usai menyantap makanan, mereka tidak diperbolehkan untuk meninggalkan meja makan.

Alhasil, mereka harus diam terlebih dahulu sampai makanannya terasa benar-benar masuk dalam perut. Selagi menanti makanan turun ke perut, biasanya mereka mengobrol ataupun menceritakan sesuatu.

Jepang serta Korea

Ternyata tingkat kesopanan yang ada pada masyarakat Asia Timur tergolong tinggi. Mereka sangat menjunjung tinggi nilai kesopanan, tradisi serta budaya para leluhur.

Hal tersebut, tak terkecuali soal tata cara makan. Di Jepang serta Korea, masyarakatnya terbiasa dengan makan menggunakan sumpit.

Maka dari itu, aturan di sana tidak memperbolehkan menusuk makanan dengan sumpit ataupun iseng beradu sumpit.

Jika ingin mengambil lauk sekecil atau sebesar apapun diharuskan menggunakan sumpit. Kalau makanannya berupa sup, baru diperbolehkan menggunakan sendok.

Itu pun masih menggunakan sarat yaitu sebelum memakan supnya harus terlebih dahulu mencium baunya serta meminum kuahnya.

Karena hal tersebut dianggap sangat menghormati serta memuji masakannya itu enak. Selain itu, mempersilahkan orang yang lebih tua untuk mengambil makanan dianggap sangat sopan.

Sama seperti di Indonesia, makanan yang disajikan di sana tidak ada yang boleh tersisa, karena jika tersisa akan dianggap sebuah penghinaan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait