3 Tempat Kemunculan Dajjal, Coba Cek Siapa Tahu Dekat!

Tandaseru – Tidak pernah ada yang tahu tentang akhir zaman, kecuali terlihatnya tanda-tanda. Salah satu yang akan memyeramkan adalah mengetahui tempat kemunculan Dajjal!

Sebelumnya sempat dibahas terlebih dahulu lokasi terbunuhnya Dajjal, kali ini justru sejumlah tempat yang diperkirakan sebagai lokasi Dajjal muncul pertama kali.

Dajjal diyakini adalah sosok dalam eskatologi Islam yang akan muncul menjelang hari kiamat. Sosok tersebut digambarkan makhluk kafir yang sesat dan jahat.

Kehadirannya membawa fitnah serta ujian besar. Menurut para Salafus shahih, Dajjal bukan golongan jin, namun dia seorang anak Adam yang artinya manusia.

Sosoknya disebutkan punya ciri fisik seperti ada cacat di mata sebelah kirinya, dengan rambut keriting lebat, tentu bisa makan dan minum layaknya manusia biasa.

Tetapi, ada pendapat lain menyebutkan, Dajjal punya postur pendek, kaki yang bengkok dan mata kanannya buta. Kira-kira di mana Dajjal muncul? Bisa jadi Anda bertetangga dengan sosok tersebut.

Pulau di Laut Syam (Laut Arab) jadi tempat kemunculan Dajjal!

Tempat kemunculan Dajjal yang pertama ini berdasarkan kisah dari Tamim ad-Dari, sahabat nabi yang sebelumnya pendeta Nasrani dan telah memeluk Islam.

Tamim punya pengalaman terkait kemunculan sosok Dajjal. Suatu hari ketika berlayar dengan 30 orang laki-laki dari kabilah Judzam dan Lakham.

Mereka terdampar di sebuah pulau yang ada di kawasan Laut Syam (Laut Arab). Saat terdampar di pulau tersebut, mereka pun menjumpai sosok dengan rambut lebat dan bisa berbicara, yang menyebut dirinya sebagai al-Jassasah.

Tamim dan rombongan pun diperintah oleh al-Jassasah tersebut, agar memasuki sebuah biara. Dalam biara itu terdapat sosok lagi yang sangat mengerikan, bertubuh tegap dan besar.

Namun, kedua tangannya dibelenggu ke tengkuknya dan di antara kedua lutut serta mata kakinya dirantai pakai besi. Apakah itu sosok Dajjal? Wallahu a’lam bish-shawabi.

Khurasan, Negeri yang Luas

Lokasi tersebut pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW, hal itu diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Dajjal akan keluar di bumi bagian Timur yang disebut Khurasan. Ia diikuti oleh beberapa kaum yang wajah mereka seperti perisai yang dipukuli.”

Pada buku berjudul Fitnah dan Petaka Akhir Zaman, Abu Fatiah Al Adnani menjelaskan Khurasan merupakan sebuah makna yang artinya tempat terbitnya matahari.

Khurasan salah satu yang diyakini sebagai tempat kemunculan Dajjal, meliputi Persi, Afghanistan dan Turkistan. Dijelaskan lagi, Khurasan itu memanjang ke Asia antara sungai Amudariya sebelah utara serta Timur dan Gunung Hindukus sebelah selatan, dan juga beberapa daerah Persia di bagian Barat.

Pulau Socotra

Lokasi lainnya yang juga diyakini banyak orang sebagai tempat persembunyian atau penjara Dajjal ini disebut pulau Socotra.

Akibat letaknya yang misterius, pulau tersebut bahkan dijuluki the lost world hingga pulau alien. Socotra berada di Timur tanduk Afrika (Somalia) sejauh 240 kilometer dan jarang disinggahi manusia dari luar pulau.

Menurut data yang tersebar, sedikitnya terdapat 900 jenis makhluk endemik yang hanya ditemui di Socotra, salah satunya pohon darah naga yang berbentuk seperti payung terbalik dan mengeluarkan getah seperti darah.

Serta terdapat elang gurun yang sangat langka, dan laba-laba super aneh dengan warna biru. Tetapi ada juga desas-desus, bahwa Dajjal bisa juga muncul di Segitiga Bermuda.

Namun yang pasti, disebutkan dalam hadits, Dajjal nantinya akan memasuki seluruh negeri untuk membawa kerusakan, kecuali dua tempat yaitu Mekah dan juga Madinah.

Bagaimana menurut Anda, apakah tempat kemunculan Dajjal tersebut dekat dengan rumah Anda atau sangat jauh?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait