Jalan-jalan Yuk! Ini Tiga Tempat Wisata Unik di Kota Pontianak

Tandaseru – Bosan dengan pekerjaan kantor yang menumpuk? Sepertinya Anda butuh liburan. Sebaiknya Anda harus berburu tiket promo ke salah satu tempat wisata di Indonesia. Salah satunya tempat wisata unik di Pontianak.

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berlibur di Kota Pontianak, liburan sejenak agar pikiran bisa kembali fresh.

Kunjungi berbagai tempat wisata ikon Pontianak yang unik dan menarik. Jangan lupa untuk memesan tiket pesawat promo ke Pontianak agar bisa menghemat biaya transportasi liburanya.

Nah, Tandaseru.id punya rekomendasi tempat tempat wisata unik dan menarik di kota Pontianak nih, belum sah rasanya bila belum mengunjunginya!

Tempat wisata unik di Pontianak yaitu Kafe Serasan Pontianak

Mau tahu hal apa yang menarik ketika makan di Kafe Serasan ini? Ya, Anda bisa menyantap menu ikan khas Pontianak, sambil menyaksikan pemandangan Sungai Kapuas. Wah.. indah sekali ya!

Restoran ini berada di tepi Sungai Kapuas loh. Setelah bersantap, Anda dan keluarga bisa berpesiar menaiki kapal wisata milik restoran. Anda akan diajak menyusuri sungai selama satu jam.

Kafe Serasan Pontianak terletak di Jalan Tanjung Raya dengan kawasan yang ideal karena memiliki pemandangan indah Sungai Kapuas.

Sementara menu yang disajikan dapat dipilih sesuai selera, makanan seafood dan menu ala Melayu.

Uniknya, kafe sering disebut sebagai kafe terapung loh. Lantaran letak kafe Serasan Pontianak berada di atas Sungai Kapuas. Menarik sekali ya!

Tugu Ikonik Khatulistiwa

Tugu ikonik ini dikenal dengan nama Tugu Khatulistiwa, lokasinya berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak.

Tugu di Kota Pontianak ini sebenarnya hanya replika, bangunan aslinya berukuran lebih kecil dan berada di dalam komplek bangunan tugu Khatulistiwa yang besar.

Bangunan ini tingginya sekitar 4,4 meter, tepat membelah bumi bagian selatan dan utara. Berada di garis lintang nol derajat bumi.

Tugu Khatulistiwa yang menggunakan kayu berlian ini memiliki tanda panah di atasnya dan berbentuk tonggak serta lingkaran pada bagian atas tugu.

Istana Kadriah

Di kota Pontianak terdapat sebuah istana peninggalan sultan pertama Pontianak yang megah dan cantik. Lokasinya tak jauh dari pertemuan tiga sungai, yaitu Sungai Kapuas Besar, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Landak ini.

Istana megah ini didominasi dengan warna kuning emas, sementara ukurannya 60 x 25 cm. Siapa saja yang melihatnya pasti akan takjub.

Istana Kadriah menyimpan sejarah panjang Kota Pontianak. Pada bagian depan terdapat sebuah meriam kuno buatan Portugal dan Prancis.

Beberapa benda peninggalan Kesultanan Pontinak yang terdapat didalam museum adalah Lambang Kesultanan, Al-Quran dengan tulisan tangan, Kaca Pecah Seribu, dan foto-foto Sultan Pontianak beserta singgasananya.

Lokasi istana ini bisa dicapai melalui jalur darat maupun jalur sungai. Jalur sungai dapat diakses melalui Pelabuhan Senghie menggunakan speed boat atau sampan.

Apabila menggunakan jalur darat, maka Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau bus melewati jembatan Sungai Kapuas.

Terdapat fasilitas restoran terapung, warung makan, pusat penjualan souvenir dan persewaan sampan serta speed boat untuk berkeliling di kawasan istana.

Nah, itulahh tiga tempat wisata unik di Pontianak. Keseruan bersama keluarga akan semakin terasa saat berkunjung ke kota Pontianak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -