Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Terbukti Secara Ilmiah, Istri Cerewet Itu Baik untuk Kesehatan Suami

JAKARTA (!) – Punya istri cerewet di rumah? Jangan disia-siakan ya, nyatanya istri yang seperti itu punya manfaat baik untuk kesehatan. Bahkan terbukti secara ilmiah, nggak percaya? Ini buktinya.

Beberapa waktu lalu beberapa orang periset memakai data dari National Social Life, Health, and Aging Project melakukan penelitian hubungan jenis kelamin dengan kualitas kesehatan.

Penelitian tersebut melibatkan 1.228 pasangan suami istri (pasutri) yang terlibat dan mereka telah menikah lebih dari lima tahun dengan usia berkisar 57 hingga 85 tahun.

Pada akhir penelitian menunjukkan, ada 389 responden yang mengalami diabetes. Fakta mengejutkan dari profesor sosiologi dari Michigan State University, Dr. Hui Liu, menemukan pria dengan kondisi rumah tangga kurang bahagia justru punya kecenderungan untuk terhindar dari diabetes.

Sekalipun mereka mengidap diabetes, pria tersebut dapat mengendalikannya. Ternyata, hal itu disebabkan oleh para istri yang kerap mengomel dan cenderung mengatur perilaku hidup sehat untuk suami serta keluarganya.

Misalnya seperti, apakah suaminya telah berolahraga dengan cukup? Apakah anggota keluarganya mengonsumsi makanan sehat atau tidak? Atau deretan pertanyaan lain yang menggambarkan perhatian sang istri pada suami dan keluarganya.

Sayangnya, hasil penelitian ini tidak berlaku sebaliknya. Para istri justru dapat terhindar dari risiko diabetes jika kondisi rumah tangganya bahagia. Menurut Dr. Hui Liu, hal tersebut disebabkan oleh sifat wanita yang mungkin lebih sensitif pada kualitas hubungan asmara dibandingkan pria.

Saat rumah tangganya bahagia, maka akan mendorong wanita untuk bergaya hidup lebih sehat dalam keluarganya.

Jadi Lebih Sehat

Terapis pernikahan dan keluarga dari Sharon, Massachusetts, Dr. Karen Ruskin, Syd.D, mengungkapkan setiap omelan istri belum tentu sumber ketidakbahagiaan rumah tangga.

Bahkan, ucapan atau bahkan omelan istri bisa jadi bukti rasa kepeduliannya pada suaminya. Bukan hanya itu, ketika istri cerewet bisa jadi hal tersebut tanda munculnya rasa frustasi yang diterima istri saat para suami tidak kooperatif pada apa yang mereka inginkan.

Seperti saat istri meminta atau menyuruh melakukan sesuatu berulang-ulang, kerap ditangkap para suami sebagai omelan sampai melabeli para istri sebagai ‘istri cerewet’.

Padahal, bisa jadi ucapan istri adalah sebuah gambaran cara mereka dalam berkomunikasi dengan para suaminya sebagai pasangan.

Contoh lain, saat suami terkena diabetes, istri akan cerewet dengan lebih banyak mengingatkan suami untuk mengendalikan kadar gula darahnya, dan hal tersebut sangat baik bagi kesehatan suami.

Meskipun demikian, pasutri tetap harus mengendalikan emosinya. Jangan karena diperbolehkan jadi cerewet justru istri jadi semena-mena memarahi. Untuk itu, tetap cerewet dengan cara yang baik ya.

Anda mungkin juga berminat