Terduga Teroris di Sibolga Ternyata Rekrut 3 Perempuan, Ini Alasannya

Tandaseru – Husain alias Abu Hamzah (AH) terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara ternyata merekrut tiga perempuan ke dalam jaringan kelompok terorisme. Satu diantaranya istrinya Solimah yang tewas lantaran meledakan diri.

Polri mengungkapka setelah menerima paham radikal, wanita biasanya akan lebih militan. Maka tak heran jika istri Abu Hamzah memilih meledakkan diri bersama anaknya ketimbang harus menyerah ke aparat kepolisian seperti suaminya.

“Wanita memiliki ciri psikologi setia, taat pada suami. Jika suami memberikan ajaran atau paham pasti lebih jauh meresap,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (15/3).

Karena itu, dia mengungkapkan alasan Abu Hamzah, merekrut perempuan dalam melancarkan aksinya tak lepas dari peran laki-laki. Wanita mudah teradikalisasi karena memiliki karakter yang setia dan penurut.

Keterlibatan perempuan dalam aksi teror dapat diingat ketika rangkaian teror bom di Surabaya. Bahkan, ketika itu, pelaku diketahui merupakan satu keluarga bersama anak-anaknya. “Karena pada dasarnya wanita ini setia pada suami dan taat,” ungkap Dedi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id