Tertibkan APK di Desa Tembokrejo, Anggota Bawaslu Diintimidasi Timses

Tandaseru – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat desa mendapatkan intimidasi ketika menertibkan alat peraga dan bahan kampanye di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Intimidasi diduga dilakukan oleh tim sukses caleg di desa itu.

“Ada tiga anggota kami yang diintimidasi oleh seseorang saat melakukan penertiban APK. Bukan hanya diintimidasi, mereka bahkan diseret ke posko mereka,” ungkap Komisioner Bawaslu Banyuwangi Adrianus Yansen Pale, Senin (15/4).

Menurut Adrianus, intimidasi yang dilakukan oleh seseorang yang diduga tim sukses caleg itu menyalahi prosedur dan melanggar hukum, sebab saat ini sudah memasuki masa tenang sehingga semua APK dan bahan kampanye lainnya harus dibersihkan.

“Sekarang kan masa tenang seharusnya mereka paham, bukan malah membuat masalah,” ujar Adrianus.

Berdasarkan informasi di lapangan, anggota Bawaslu tingkat Desa dan Kecamatan tidak hanya mendapatkan intimidasi, tetapi juga sempat terjadi gesekan fisik sukses di sejumlah wilayah, seperti di Kecamatan Kalipuro, Glagah dan Wongsorejo

“Kami akan melakukan kajian terlebih dahulu terkait dengan masalah ini, dan kami akan melakukan tindakan tegas terhadap mereka,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait