Tidur Lama Tapi Masih Lelah, Ini Penyebabnya!

JAKARTA (!) – Sudah tidur lama tapi tubuh masih merasa lelah? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Apa saja ya kira-kira penyebab tubuh selalu lelah sekalipun sudah istirahat?

Kafein

Salah satu penyebab kelelahan adalah mengonsumsi kafein. Kafein yang bersifat diuretik dapat menyebabkan buang air kecil terus-menerus sampai mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan penyebab seseorang mengantuk.

Hal tersebut bukanlah siklus yang menguntungkan. Direktur klinis dari Klinik Kesehatan Bupa, Dr Petra Simic menyatakan minuman berkafein bisa membuat seseorang lebih waspada. Namun bisa merasa lebih lelah ketika efek kafein tersebut habis.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari minuman berkafein selama sebulan dan monitor apakah ada perkembangan pada energi dalam tubuh atau tidak.

Gula

Penyebab lainnya yaitu berasal dari gula. Gula sama seperti kafein yang memberi energi namun perlahan-lahan menghilang yang membuat tubuh semakin lelah.

Untuk itu makan makanan seperti alpukat, buah kering, pisang, kacang-kacangan serta biji-bijian yang penuh dengan energi pelepasan lambat sangat disarankan.

Dr. Petra juga menganjurkan untuk makan dengan porsi biasa serta makanan ringan sehat tiap tiga hingga empat jam sekali, dibandingkan dengan tidak sering makan besar.

Kelelahan akibat bekerja penuh!

Penyebab yang satu ini sering dirasakan banyak orang. Lamanya perjalanan pulang dan pergi, jadwal harian yang padat, agenda kerja penuh tekanan serta kehidupan sosial yang ketat merupakan hal jamak.

Maka, belajarlah mengatakan tidak untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan bersantai. Menurut Petra, meluangkan waktu dengan aktif untuk bersantai serta mengisinya secara tepat, sangat penting dalam meningkatkan energi sehat.

Alkohol

Sebab lainnya juga karena konsumsi alkohol yang memengaruhi otak ketika terjaga dan juga memengaruhi ketika sedang tidur. “Karena alkohol dapat mengurangi jumlah REM atau rapid eye movement ketika tidur,” ungkap Petra.

Olahraga yang kurang

Ternyata tidak melakukan olahraga secara rutin bisa membuat tubuh lebih lesu. Bahkan penelitian menunjukkan aktif pada siang hari membuat seseorang merasa kurang lelah, serta Petra juga mengatakan dengan berjalan selama 15 menit dapat membuat perbedaan.

Tetapkan tujuan dengan realistis. Jika melakukan kegiatan berolahraga terasa menjadi sebuah beban, maka pilihlah sesuatu yang disukai.

Alasan medis

Memang ada beragam alasan medis, mengenai rasa lelah pada tubuh selain dari pilihan gaya hidup. Hal tersebut termasuk mempunyai tiroid, kadar zat besi yang rendah atau sedang menderita depresi.

Jika merasa lelah akibat masalah-masalah tersebut, maka segeralah berkonsultasilah dengan dokter.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -