Tim Ducati Corse Ikut Protes Peraturan Dorna

BOLOGNA (!) – Direktur Tim Ducati Corse, Paolo Ciabatti memprotes peraturan baru yang diterapkan Dorna (penyelenggara MotoGP) pada musim balap 2018.

Protes tersebut terjadi karena Tim Ducati Corse harus rombak kembali jadwal yang telah disusun, seiring Dorna mengumumkan peraturan itu secara mendadak.

“Pada prinsipnya kami setuju, tetapi keputusan yang mereka ambil hanya berjarak satu bulan dari dimulainya musim baru,” ujar Ciabatti, seperti dikutip Autosport, Minggu (31/12).

Oleh karena itu, Ciabatti menyatakan pihak Dorna tidak menghormati perusahaan yang telah merencanakan kegiatan pengujian dan juga pengalokasian motor antara tim pabrik dan satelit.

“Kami menentang perubahan yang diputuskan di Jepang saat musim baru akan segara dimulai,” kata Ciabatti.

Senada dengan Ciabatti, Kepala Kru Tim Ducati, Gigi Dall’Igna, juga mengecam peraturan baru Dorna. Pasalnya, hal itu menurutnya membuat para pebalap kehilangan kesempatan menguji tunggangannya.

“Di atas segalanya, mengenai waktu yang membuat saya benar-benar menentangnya, karena kami telah merencanakan soal pengetesan di musim depan,” ujar Dall’Igna.

Seperti diketahui, belum lama ini Dorna telah memangkas waktu uji coba bagi para rider untuk melakukan pengujian pada motornya.

Para rider hanya diperbolehkan untuk menguji motornya selama lima hari di setiap Private Test sebelum mengikuti balapan sesungguhnya.

Selain itu, pebalap yang boleh ikut serta harus rider utama. Dengan demikian, para pembalap pengembang tak bisa mendapatkan kesempatan untuk turut serta dalam kemajuan tim.

Karena dinilai merugikan, tak hanya Ducati tetapi hampir semua tim melakukan protes pada peraturan yang diumumkan Dorna pada Oktober 2017 lalu itu.

Kumpulan Berita Terkait