Tips Bersihkan Layar Ponsel dengan Lima Benda Rumahan yang Ekonomis

Tandaseru – Menjaga dan merawat barang yang Anda miliki memang sudah menjadi kewajiban, termasuk urusan ponsel. Smartphone tentunya membutuhkan perawatan khusus, berikut ini cara mudah bersihkan layar ponsel dengan benda rumah.

Layar ponsel memang sensitif terpapar debu, kotoran hingga sidik jari di setiap sudutnya. Menurut penelitan, layar ponsel mengandung bakteri 18 kali lebih banyak daripada toilet duduk.

Perawatan layar ponsel memang harus dilakukan secara rutin, daripada menggunakan tangan atau kain baju untuk membersihkan layar hp yang nyatanya akan merusak layar ponsel tersebut, lebih baik gunakan benda rumah saja!

Melansir Mashable, Rabu (15/5), berikut ini ada benda rumahan yang bisa Anda gunakan untuk membantu membersihkan layar smartphone yang kotor supaya tidak mudah rusak.

Kain Microfiber bisa digunakan untuk membersihkan layar ponsel

Kain microfiber biasanya kain yang digunakan sebagai bahan kain pembersih kacamata. Kain ini memiliki teksturnya yang lembut.

Kain ini bisa digunakan untuk membersihkan permukaan layar smartphone dengan baik, begitu pula bagian belakangnya.

Caranya menggunakan kain ini yaitu:

  • Rendam kain microfiber dengan sedikit air.
  • Kemudian usapkan lembut kain tersebut pada
  • Selanjutnya, gunakan sisi keringnya untuk membuang sisa-sisa kotoran pada

Perlu dingat, bersihkan layar ponsel jangan menggunakan kain abrasif, handuk, tisu toilet atau benda serupa karena memiliki permukaan kasar yang bisa merusak layar smartphone.

Cotton Bud

Perlu Anda ketahui, cotton bud nyatanya bisa digunakan untuk membersihkan area smartphone yang sulit dijangkau kain lap biasa.

Caranya mudah, langsung saja ambil cotton bud dan sikat area smartphone yang sulit dijangkau dengan lembut.

Gel alkohol

Anda pasti tidak asing dengan gel alkohol pembersih tangan? Nah, gel alkohol yang biasa untuk membersihkan tangan, nyatanya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan layar hp Anda loh.

Sebagai informasi, metode ini memang akan beresiko untuk smartphone Anda. Namun jika Anda penasaran untuk mencoba cara ini, lakukan saja langkah-langkah berikut ini dengan benar:

  • Anda siapkan kain yang lembut.
  • Kemudian, Anda bisa tuangkan sedikit gel alkohol tersebut di atas sebuah kain. Perbandingan antara alkohol dengan air adalah 40% alkohol dan 60% air.
  • Lalu, Anda usapkan perlahan di atas layar HP. Perlu Anda ingat, jangan langsung menuangkan gel alkohol di atas layar ponsel, sebab hal tersebut akan merusak layar ponsel.

Air Suling + Cuka Putih

Kombinasi ini juga bisa membuat smartphone lebih kinclong dan bebas bakteri. Berikut ini, langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Campurkan 50 persen air suling dan 50 persen cuka putih.
  • Kemudian rendam kain microfiber di dalam cairan.
  • Lalu usapkan pada smartphone dengan lembut.
  • Terakhir, bersihkan lagi dengan kain microfiber kering.

Gunakan cairan khusus pembersih layar

Di jaman modern saat ini, sudah banyak alat bahkan cairan khusus untuk membersihkan layar. Nah, Anda bisa menggunakan salah satu cara ini untuk membersihkan layar ponsel Anda.

Pasalnya, cairan khusus untuk membersihkan layar ini memiliki zat kimia tertentu yang mampu mengangkat kotoran bahkan sidik jari yang ada pada layar ponsel Anda loh. Ikuti saja cara mudah beriku ini:

  • Anda hanya perlu menuangkan cairan ini sebagai pengganti air pada kain.
  • Selanjutnya, Anda tinggal usapkan kain ke dalam cairan khusus ini, lalu usapkan pada layar ponsel. Mudah dan cukup aman untuk digunakan. Selamat mencoba!

Itulah cara mudah untuk merawat layar ponsel Anda, cukup gunakan lima benda rumahan yang ekonomis kan!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait