Ruangan Terlalu Minimalis? Ini 5 Tips Dekorasi Dapur Kecil

Tandaseru – Rumah yang minimalis biasanya tak punya banyak ruang gerak, tips dekorasi dapur kecil ini bisa cukup membantu bagi Anda yang ingin dapur tetap nyaman sekalipun ruangnya terbatas!

Saat ini rumah minimalis jauh lebih populer, selain karena semakin terbatasnya lahan, harga yang ditawarkan pun cenderung lebih murah.

Apalagi rumah dengan dimensi kecil dirasa lebih cocok bagi para keluarga muda yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan anggota keluarganya pun belum terlalu banyak.

Untuk itu sangat diperlukan strategi dalam menyiasati ruang kecil tersebut agar mampu dimanfaatkan secara maksimal, termasuk ruang dapur.

Tips dekorasi dapur kecil dengan manfaatkan konsep dapur terbuka!

Untuk tips dekorasi dapur yang pertama agar ruangan dapur nampak luas, bisa dengan menghilangkan partisi pemisah antara dapur dengan ruang makan atau ruangan lainnya.

Gunakan konsep dapur terbuka agar terkesan lebih lega dan tidak sumpek. Pilihlah kursi tinggi minimalis agar tak banyak menghabiskan tempat serta gunakan meja makan yang multifungsi atau bisa dilipat.

Manfaatkan ruang penyimpanan

Biasanya dapur memiliki beragam perabotan masak. Agar tidak memakan banyak ruang, sebaiknya buatlah lemari penyimpanan pada bagian atas dan bawah pada salah satu sisi dapur.

Dengan memanfaatkan ruang semaksimal mungkin, perabotan masak yang jarang digunakan, akan lebih rapi jika disimpan dalam lemari-lemari tersebut.

Pilih perabot minimalis untuk dapur kecil

Tips dekorasi untuk ruang dapur yang kecil lainnya adalah dengan memastikan ukuran perabotan yang dimiliki sesuai dan efektif. Seperti rak piring minimalis, tempat mencuci piring atau wastafel yang berukuran kecil.

Selain itu, pastikan jumlah perabot dapur tidak terlalu banyak. Dengan memilih peralatan dapur yang minimalis, maka ruang dapur kecil bisa jauh lebih maksimal.

 

Pakai warna terang

Seperti tips ruang kecil lainnya, dengan memberi warna terang pada ruangan sempit, dapat membuat ruangan jadi terkesan lebih luas.

Tapi warna terang kerap dihindari untuk area dapur karena dianggap akan mudah terlihat kotor atau kusam. Namun jangan khawatir, hal tersebut bisa disiasati dengan memberi warna lain di area yang sering digunakan memasak.

Misalnya pada meja dapur serta dinding dekat kompor. Sedangkan di bagian lain, seperti lemari penyimpanan bisa diberi warna terang.

Beri pencahayaan dan ventilasi cukup

Tips dekorasi dapur kecil yang terakhir ini akan membantu sirkulasi udara serta pencahayaan di ruang dapur Anda. Sebaiknya, buat jendela kecil di dapur agar memberikan kesan luas.

Selain itu, dengan adanya jendela sirkulasi udara di dapur jadi lebih baik. Cahaya matahari dari luar pun bisa masuk dengan mudah melalui jendela.

Jika dapur Anda sempit, keberadaan jendela bisa sangat membantu mengeluarkan asap saat memasak. Tapi jika membuat jendela di dapur tidak memungkinkan, Anda bisa siasati dengan memberi pencahayaan maksimal.

Bantu juga dengan menggunakan furnitur yang bisa memantulkan cahaya. Contohnya keramik, meja berbahan marbel, dan peralatan dapur dari stainless. Untuk menyiasati sirkulasi udara tanpa jendela, Anda bisa pasang hexhaust fan agar asap masakan tidak terkepung dalam dapur.

Nah, bagaimana menurut Anda tips dekorasi dapur kecil di atas? Jadi tidak ada alasan malas masak lagi sekalipun dapur Anda tidak terlalu besar.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait