Punya Rumah Kecil? Coba 8 Tips Menata Taman Minimalis ini

Tandaseru – Mendekati hari raya tentu ingin tampilan rumah yang baru, lahan sempit tidak masalah. Coba tips menata taman minimalis ini deh!

Tidak hanya penampilan, rumah pun ingin segera dibenahi menjelang Lebaran. Tapi keterbatasan lahan menjadi masalah yang cukup membingungkan.

Sebenarnya tak perlu khawatir, karena ada beragam jenis taman yang bisa diaplikasikan di rumah yang kecil seperti taman minimalis, taman kering, taman vertikal dan taman lainnya.

Sekalipun memiliki lahan yang mungil untuk dijadikan taman, bukan berarti rumah tidak bisa sama sekali terlihat cantik dan menyejukkan. Ada beberapa ide menata taman mungil yang bisa jadi inspirasi Anda.

Tips menata taman minimalis dengan menempatkan pot!

Memang tidak mudah memiliki taman di area rumah yang kecil, tapi taka da salahnya jika Anda menyulap halaman depan rumah untuk dijadikan lahan hijau dengan mengambil sedikit ruang pada teras tersebut untuk menempatkan beberapa pot tanaman.

Kombinasi hardscape dan rumput pada taman minimalis

Selera orang memang berbeda, ada yang senang taman dihiasi rumput tapi ada juga yang tidak. Untuk menyiasati ukuran halaman yang minimalis, Anda bisa mengombinasikannya plat semen pada taman Anda.

Tanaman minimalis kecil di bagian pinggir

Rumah yang kecil membuat halaman belakang jadi lahan yang multifungsi, biasanya dijadikan area menjemur pakaian. Maka, jika ingin ada taman, jangan terlalu banyak tanaman.

Sebaiknya, hanya bagian sisi atau pinggir taman saja yang diperbanyak dengan tanaman kecil sedangkan bagian tengah bisa dijadikan lokasi menjemur atau lainnya.

Menata taman dengan satu pohon

Salah satu fungsi adanya taman dalam rumah adalah sebagai penambah pencahayaan. Oleh sebab itu, jangan membuat taman minimalis yang terlihat seperti hutan dalam rumah. Menanam satu pohon sudah cukup.

Tips Menata Taman Minimalis

Lampu taman minimalis di bagian tengah

Agar tampilan taman mungil Anda semakin menarik terutama di malam hari, tempatkan saja sebuah lampu taman minimalis di tengah taman.

Percantik dengan dinding bata putih

Nilai estetika taman minimalis bisa ditingkatkan dengan permainan pola dan warna dinding di sekitar taman. Salah satunya Anda bisa membuat dinding bata putih yang memberikan kesan gaya skandinavia dan juga nampak luas.

Menanam secara vertikal

Taman yang berukuran sangat mungil biasanya akan nampak padat jika ditanami tumbuhan dengan cara yang umum. Cobalah menanam tumbuhan secara vertikal atau menempel pada dinding agar taman tetap cantik dengan memanfaatkan lahan yang ada.

 

Tips Menata Taman Minimalis

Taman minimalis dengan konsep kering

Ini jadi tips menata taman minimalis yang terakhir ini cocok untuk ukuran rumah yang tidak besar dan tak memiliki akses pencahayaan maksimal. Karena konsep taman kering ini hanya menggunakan batu kerikil dan tanaman dalam pot.

Selain itu, konsep taman kering ini akan membuat rumah jadi tidak cepat kotor akibat percikan lumpur rumput ketika hujan.

Nah, kalau Anda akan mempraktikkan tips menata taman minimalis yang mana di rumah Anda? Atau justru akan mengombinasikan semuanya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait