5 Tips Mudik Aman Bersama Bayi Usia Satu Tahun

Tandaseru – Bagi pasangan muda yang baru dikaruniai bayi, perlu tahu nih tips mudik aman bersama bayi. Sebab keselamatan menjadi nomor satu karena sang buah hati menjadikan momen Idul Fitri lebih bahagia bersama kakek dan neneknya di kampung halaman.

Nah, bagi para orangtua muda yang mudiknya menggunkan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Supaya si buah hati tersayang aman  dan nyaman selama melakukan perjalanan mudik yang panjang.

Simak beberapa tips mudik yang aman saat membawa bayi yang baru berumur satu tahun berikut ini.

Tips mudik aman bersama bayi salah satunya jangan gendong bayi

Menggendong bayi yang masih berusia 1 tahun lebih didalam mobil sedikit membahayakan. Sebab saat mobil terpaksa melakukan pengereman mendadak, bisa membuat baby terjepit oleh orang dewasa yang menggendongnya.

Gendonglah bayi beberapa saat saja, seperti ketika bayi menangis atau jika bayi merasa haus ingin minum susu.

Gunakan Car seat

Tips Mudik Aman Bersama Bayi

Siapkan car seat khusus untuk bayi, letakkan pada jok bagian tengah. Jangan taruh car seat di jok depan samping supir, untuk mencegah bayi terhimpit airbag apabila terjadi benturan pada mobil.

Berusaha tidak rem mendadak

Melakukan pengereman secara mendadak, bisa picu ketidaknyamanan bayi. Ya, jangankan bayi, orang dewasa saja bisa mengalami eneg atau tidak enak perut bahkan kaget ketika mobil melakukan pengereman mendadak.

Beberapa artikel menyebutkan bahwa itu membuat terjadinya tantrum pada bayi. Tantrum adalah sebuah ekspresi luapan kemarahan balita yang datang secara tiba-tiba.

Pasang tirai mobil

Sinar matahari tentunya bisa membuat bayi kurang nyaman berada didalam mobil. Hal ini bisa mengakibatkan bayi rewel selama perjalanan.

Oleh sebab itu pastikan kaca jendela mobil Anda sudah terpasang tirai. Usahakan sebelum berangkat mudik ya, untuk mencegah masuknya sinar matahari.

Istirahat yang cukup dan jalan malam hari

Pernah merasakan bayi rewel karena bosan di mobil? maka solusinya para orangtua perlu istirahat secara berkala. Nah, saat istirahat bawalah bayi keluar mobil dan ajak bersenang-senang sebentar diluar.

Apabila perjalanan yang ditempuh cukup jauh, sebaiknya lakukan pula mudik pada malam hari. Dengan harapan si anak tidur selama perjalanan.

Itulah lima tips mudik aman bersama bayi usia satu tahun, semoga artikel ini bermanfaat bagi pasangan muda yang memiliki bayi saat ingin berangkat mudik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -