Simak! Ini 8 Tips Penanganan Mobil Saat Terendam Banjir

JAKARTA (!) – Musim hujan kini telah tiba, beberapa jalan yang dilalui kendaraan pun kerap terkena banjir. Biasanya membuat khawatir para pengendara, terutama bagi pengendara mobil.

Namun kini tak perlu resah, tandaseru.id memiliki tips penanganan mobil saat terendam banjir, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah pertama jika mobil terendam banjir maka segera lepaskan kabel aki agar terhindar dari risiko hubungan arus listrik pendek.

Kemudian doronglah mobil jika kondisi mobil terendam air yang dalam. Jangan menyalakan mesin karena bisa berakibat korsleting listrik.

Segera nonaktifkan rem tangan mobil agar rem kanvas tidak lengket. Jika banjir tak menimbulkan arus deras maka bisa mengganjal mobil dengan batu.

Jika jenis mobil yang digunakan menggunakan mesin otomatis, perpindahan persneling bisa dimasukkan pada posisi parking (parkir).

Baca Juga:

Jika banjir sudah dilalui pengendara mobil, maka jangan lupa untuk menguras tangki bensin untuk mengecek apakah bensin tercampur dengan air, jangan dibiarkan karena bisa membuat tangki berkarat.

Langkah penanganan mobil selanjutnya, jangan lupa untuk mengeringkan komponen pengapian seperti busi, karburator, saringan udara dan komponen-komponen lainnya dengan baik.

Kemudian periksalah interior mobil apakah ada kerusakan, serta fungsi audio mobil apakah masih dalam keadaan normal atau tidak.

Jika semua sudah dilakukan, masukkanlah ke bengkel mobil untuk memeriksakan lebih lanjut terkait oli mobil karena kemungkinan besar mobil yang terendam banjir maka oli dan air sudah tercampur.(put)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -