Penderita Maag Nggak perlu Khawatir, Puasa Bisa Lancar Dengan Cara ini!

Tandaseru – Mempersiapkan kondisi tubuh untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan yang tinggal sebentar lagi ini tentu hal wajib. Apalagi jika punya masalah lambung, pasti puasanya jadi nggak nyaman. Nah, ini ada tips puasa untuk penderita maag!

Memang jadi penderita maag akan khawatir saat akan menjalani puasa, tapi tenang saja, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan agar puasa Anda nyaman dan lancar.

Tips puasa untuk penderita maag ini berlaku sejak sahur!

Tips tersebut dijelaskan oleh dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dari RS. Ciputra. Menurutnya, hal yang wajib dipatuhi para penderita maag adalah setiap hari mengonsumsi obat maag ketika sahur.

Hal tersebut untuk mencegah agar asam lambung tak lekas naik serta menimbulkan kambuh di siang hari ketika berpuasa.

Dr. Jovita mengungkapkan “Mau yang cair atau tablet, sama saja. Setiap orang kan berbeda-beda. Yang terpenting setelah makan sahur minum obat penekan asam lambung itu.”

Bukan itu saja, dr. Jovita pun menyarankan agar para penderita maag, bisa mengonsumsi makanan kaya serat serta protein dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Hal itu berguna untuk membuat penderita maag bisa lama kenyang, sebab kedua jenis asupan tersebut dapat diserap dengan lambat oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh selalu memiliki energi dari pagi, siang hingga waktu berbuka di sore hari.

Dengan memperhatikan asupan sahur itu pula, maka risiko terjadinya maag dapat turun drastis, yang biasa terjadi akibat telat makan.

Selain itu dr. Jovita pun mengingatkan agar menhindari asupan yang mampu meningkatkan asam lambung, seperti brokoli, kubis, kol, ubi, makanan bertepung serta minuman bersoda.

Sebab, semua itu adalah asupan yang memiliki kandungan gas yang tinggi. Dengan menjalani pola makan sahur seperti itu, maka penderita maag bisa lebih aman ketika menjalani puasa selama sebulan penuh.

Sudah tahu kan sekarang apa saja yang harus diperhatikan ketika akan berpuasa bagi penderita maag? Semoga tips puasa untuk penderita maag ini membantu melancarkan puasa Anda ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -