Terjitu, Begini Tips Rawat Teflon Agar Tak Mudah Mengelupas!

Tandaseru – Banyak peralatan dapur di rumah, salah satunya teflon yang sering digunakan, namun seperti apa cara yang tepat membersihkannya? Tenang ada tips rawat teflon yang jitu kok!

Salah satu peralatan masak yang kerap digunakan dan mudah kotor adalah teflon, pasalnya peralatan masak tersebut mudah digunakan bukan hanya untuk menggoreng tapi juga merebus.

Alat masak yang anti lengket ini ternyata salah satu yang cepat mengelupas, jika tak dirawat secara benar, seperti dilansir The Kitchen, ada sejumlah tips merawat alat masak tersebut dengan mudah.

Tips rawat teflon hindari memasak pakai suhu tinggi!

Dengan paparan suhu tinggi dapat merusak lapisan anti lengket pada teflon. Selain itu, jika menggunakan suhu tinggi saat memasak, maka bisa menyebabkan pelepasan uap tak sehat serta berisiko mengandung racun.

Jadi sebaiknya, masaklah menggunakan teflon dengan api kecil atau sedang saja. Tidak perlu terlalu panas dengan alasan apapun.

Gunakan minyak goreng

Sekalipun sudah terdapat lapisan anti lengket pada teflon, bukan berarti bisa terus menerus memasak bahan makanan tanpa menggunakan minyak goreng.

Hal itu karena menggoreng tanpa minyak menjadikan makanan menempel dengan teflon tersebut. Bukan itu saja, memasak dengan minyak bisa membuat lapisan anti lengket jadi lebih tahan lama.

Hindari menggoreskan benda tajam

Benda tajam seperti spatula besi atau pisau jika digoreskan ke permukaan teflon akan merusaknya.  Sekalipun ada sisa makanan yang menempel, jangan membersihkannya dengan benda-benda tersebut.

Kegiatan menumis atau menggoreng juga usahakan menggunakan peralatan masak seperti sendok berbahan kayu atau silikon.

Bukan sekedar membuatnya cepat mengelupas, tapi masakan juga dapat terkontaminasi dengan bahan kimia yang ada dalam bahan pelapis teflon.

Cuci secara manual

Banyak yang mengklaim teflon aman saat dicuci menggunakan mesin, tetapi perlu diketahui, air panas dan sabun cuci dengan tekstur yang kasar mampu merusak permukaan teflon tersebut.

Jadi jangan terus menerus mencuci teflon memakai mesin, karena hal itu membuat lapisan anti lengket pada teflon mudah terkelupas. Sebaiknya, cuci peralatan masak secara manual khususnya teflon.

Diamkan teflon setelah dipakai sebelum dicuci

Biasanya orang banyak yang langsung mencuci teflon usai digunakan, padahal kebiasaan tersebut salah, karena keadaan teflon yang masih panas dapat membuat lapisan anti lengket mengelupas.

Hal tersebut dapat terjadi akibat adanya perbedaan suhu antara teflon yang panas, dengan kucuran air kran yang memang dingin.

Agar peralatan masak tersebut tahan lama, sebaiknya setelah digunakan diamkanlah sampai suhu panasnya hilang, baru mencucinya.

Nah, sekarang semakin tahu kan tips rawat teflon dengan baik dan benar? Jangan sampai teflon yang sudah Anda beli mahal harus terbiang karena mengelupas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait