Puasa Lemas? ini Tips Jitu Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa!

Tandaseru – Saat ini umat muslim hampir di seluruh dunia sedang beribadah puasa dengan menahan haus dan lapar sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Lemas saat puasa memang kerap menganggu. Tapi tenang, tips tubuh bugar saat berpuasa ini bisa dicoba.

Tips tubuh bugar saat berpuasa pastinya harus makan sahur ya!

Meskipun sedang mengatuk bahkan nyaris susah bangun, tetap harus makan sahur. Karena sangat penting untuk menutrisi tubuh dengan baik. Bisa juga untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi selama berpuasa.

Kemudian pilihlah menu sahur yang kaya nutrisi, protein dan vitamin, seperti buah dan sayur adalah dua makanan yang wajib ada di menu sahur.

Hindari tidur selepas sahur

Tidur selepas sahur justru akan membuat sistem pencernaan tubuh berantakan. Dibandingkan tidur selepas sahur lebih baik memanfaatkan waktu untuk menjalankan berbagai ibadah lain, seperti salat malam atau baca Al Quran, bisa juga sambil menunggu salat subuh dengan berdzikir atau aktivitas bermanfaat lainnya.

 

Jaga kebersihkan mulut & gigi

Aktivitas ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Biasakan untuk mengosok gigi saat sebelum tidur.

Bila perlu, gunakan obat kumur khusus agar kesehatan gigi, mulut dan tubuh tetap terjaga kebersihannya dan bisa membuat bau mulut selalu segar sepanjang hari selama berpuasa.

Istirahat cukup

Pastikan tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup. Saat sesudah salat tarawih segera pergi tidur. Hindari melakukan berbagai aktivitas yang terlalu menguras tenaga baik di siang atau malam hari.

Serta sebisa mungkin hindari pikiran stres dan depresi agar tak hanya kondisi fisik yang bugar melainkan kondisi psikis juga baik.

Jangan lupakan olahraga

Meskipun sedang berpuasa, tetap harus berolahraga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat, hanya perlu melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari, sit up atau push up di sore hari menjelang buka puasa, bisa juga yoga selepas salat subuh.

Nah, itu beberapa tips tubuh bugar saat berpuasa yang perlu dilakukan agar menjalankan ibadah puasa seharian penuh dengan lancar dan sehat. (mr)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -