TKN Cium Upaya Delegitimasi KPU

Tandaseru – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’ruf Amin menilai ada upaya delegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto mengatakan pihak lawan tengah membangundesain untuk menghadapi kekalahan pada Pilpres 2019.

Sebelumnya Amien Rais bersama massa dari Forum Umat Islam (FUI) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jalan Iman Bonjol, Jakarta Pusat Jumat (1/3). Amien dan FUI meminta KPU bersikap adil karena dinilai ada indikasi kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Itu kan desain kalah. Saya membuat perumpamaan ketika saya bertemu para habaib. Lalu beliau menyampaikan ini bagaikan permainan kelereng anak-anak dan ketika sudah tahu mau kalah, kemudian permainannya dikacaukan,” katanya, Senin (4/3).

Hasto menganggap desain yang disebutnya dilakukan secara sistematis sebagai akibat dari hasil beberapa lembaga survei yang mengunggulkan Jokowi–Ma’ruf Amin.

“Ini dilakukan secara masif dan kemudian juga sistematis, berarti ini adalah sebuah desain. Maka kami katakan ini merespons dari semua survei yang dilakukan elektoral Jokowi-Ma’ruf jauh di atas Pak Prabowo-Sandi, terlebih setelah debat yang terakhir,” imbuh Sekjen PDI Perjuangan tersebut.

Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily mengatakan semua pihak harus memberi kepercayaan tinggi kepada KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara. Menurutnya rasa curiga sejak awal pada penyelenggara Pemilu justru harus diwaspadai.

”Sejauh yang kami pantau, bahwa penyelenggara pemilu relatif lebih menunjukkan profesionalitasnya. Ada lapisan tertentu yang membuat KPU tidak lagi melakukan keberpihakan. Jadi kami menduga ada upaya yang sistematis untuk melakukan delegitimasi ini dengan cara menyampaikan narasi-narasi yang menurut kami sangat tendesi mengarah kepada alibi kekalahan,” tegasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait